26 Mar 2018 15:00

Suka Menunda Tak Berarti Pemalas, Ini 5 Kelebihannya yang Mengejutkan

keluarga kokoh

https://psychologytoday.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Suka menunda pekerjaan sering dianggap sebagai ciri-ciri kemalasan. Namun ternyata, sebagai procastinator (orang yang suka menunda-nunda), bukan berarti Anda seorang pemalas. Justru, Anda orang yang terorganisir dengan baik karena tahu kapan dan berapa lama bisa menyelesaikan tugas secara optimal. Berikut adalah 5 penjelasannya:

1. Procastinator itu ciri smart worker

http://www.ilsole24ore.com

Sadar atau tidak, ketika dikejar deadline, Anda mendadak jadi sosok yang sangat kreatif. Kerja keras Anda makin maksimal dengan memilih work smart daripada work hard. Bagi Anda, jangka waktu yang lama sama sekali tidak ada efeknya untuk hasil kerja Anda. Sedangkan, tak jarang ide-ide cemerlang Anda baru muncul dan berkembang secara efisien setelah merasa terdesak. Tidak masalah jika Anda bisa memaksimalkan sistem ini, asal Anda sadar kemampuan dan bukan malah menyusahkan diri sendiri. Pressure is good for you.

2. Bisa positive thinking

https://www.naturalnews.com

Tidak diragukan lagi, procastinator adalah orang-orang yang selalu punya percaya diri tinggi karena selalu positive thinking bahwa dirinya masih bisa mengejar ketertinggalan yang disengaja. Tapi biasanya keputusan menunda pekerjaan ini akhirnya sering membawa keberuntungan dengan adanya informasi tambahan yang secara tiba-tiba muncul. Tapi, kalau Anda tipe orang yang suka menunda karena malas tanpa menyadari konsekuensi, siap-siaplah untuk bekerja ekstra dan keteteran.

Baca Juga: Tahukah Anda, Kita Dilarang Minum Air dalam 7 Situasi Ini

3. Minim stress

https://www.rd.com

Anda boleh menunda asal kelebihan waktu digunakan untuk beristirahat, bukan untuk melakukan hal lain yang kurang bermanfaat. Biasanya, setelah beristirahat kita akan merasa lebih segar dan mampu menyelesaikan tugas dengan waktu yang lebih efisien. Sehingga, penundaan memaksa kita untuk menyelesaikan semua pekerjaan tanpa waktu tambahan. Tidak heran, mereka yang suka menunda malah cenderung sedikit lebih bahagia daripada orang lain.

4. Tahu prioritas

https://emilyjordan.me

Ternyata, menunda menawarkan kesempatan untuk lebih matang dalam perencanaan ke depan. Sebab, Anda pasti melakukan tugas lain lebih dulu, lalu berhenti sejenak, dan mengumpulkan niat dan semangat untuk mengerjakan tugas awal. Asalkan semua sudah terjadwal sesuai prioritas, tugas pasti selesai. Toh, ketika membuat skala prioritas pasti Anda memilih dari yang paling mudah diselesaikan bukan?

5. Diam adalah emas

https://www.biography.com

Orang yang suka menunda kadang kala mereka sedang menunggu waktu yang tepat. Mereka berpendapat bahwa menunda dapat meningkatkan kreativitas karena hal ini memberikan kesempatan pada diri untuk mengembangkan ide. Contoh nyata adalah Steve Jobs yang berperan penting dalam berdirinya Apple.  Steve Jobs tidak menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi ide-ide rumit yang tidak realistis. Ia memilih ide paling konvesional dan paling mudah diterima oleh banyak orang.

Baca Juga: Kesepian Jangan Dipendam Tapi Harus Dilawan, 5 Cara Ini Terbukti Ampuh


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali