14 Feb 2018 17:00

Cegah Tagihan Listrik Rumah Membengkak dengan 5 Cara Ini

keluarga kokoh

http://e-lectrical.co.za

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Sebagai bagian dari masyarakat modern, kita tentu tidak bisa lepas dari pengeluaran untuk biaya listrik setiap bulannya. Saat ini, hampir semua barang memerlukan daya listrik untuk berfungsi. Jika tidak cerdik dalam mengelola konsumsi listrik, Anda harus merogoh biaya ekstra untuk pengeluaran listrik yang tanpa kendali. Agar tidak mengalami mimpi buruk demikian, Anda bisa menerapkan 5 trik cerdas berikut ini: 

1. Cat rumah dengan warna cerah.

http://www.shaidee.com/

Warna-warna gelap akan menyerap panas. Memilih warna putih sebagai cat rumah terutama bagian atap dapat mengurangi panas rumah secara natural dan penggunaan pendingin ruangan. Penelitian yang dilakukan oleh Lawrence Berkeley National Laboratory menemukan bahwa di cuaca yang hangat, rumah dengan atap berwarna putih butuh energi 40% lebih sedikit dari rumah beratap warna gelap.

2. Gunakan peralatan yang menghasilkan panas di malam hari.

https://www.health.harvard.edu

Sebagian peralatan, misalnya oven, mesin pencuci piring, akan menghasilkan panas yang diserap ke penjuru rumah. Coba gunakan peralatan ini di malam hari untuk mengurangi konsumsi pendingin di cuaca panas. Cara lainnya, gunakan panci kuali atau oven microwave, yang tidak terlalu menghasilkan panas sebanyak oven biasa. Memanggang di luar rumah juga merupakan cara yang bagus untuk memasak tanpa memanaskan rumah.

Baca Juga: Bila Tak Segera Diperbaiki, Memasak Dengan Cara Ini Bisa Mengundang Bahaya!

 

3. Periksa sistem AC di rumah.  

https://learn.compactappliance.com

AC tidak berfungsi dengan efisien dalam siklus yang kurang baik. Anda bisa menghubungi perusahaan reparasi untuk berkonsultasi atau periksa sendiri. AC Anda menggunakan terlalu banyak daya jika ukuran rumah tidak sesuai dengan kapasitasnya. Unit window, misalnya, hanya diperuntukkan bagi satu ruangan saja. Pertimbangkan membeli AC baru. AC baru yang bersistem mutakhir tentunya tidak menggunakan energi sebanyak AC berusia 15 tahun kan?

4. Matikan daya saat tidak digunakan.

https://www.tnooz.com

Matikan lampu dan kipas jika tidak diperlukan. Oleh karena peralatan juga menggunakan daya saat disambungkan ke listrik, carilah peralatan yang dapat dicabut dari stekernya. Sebaiknya, mulai kebiasaan berkeliling rumah sebelum beranjak tidur. Periksa apakah ada sesuatu yang tertinggal atau peralatan listrik yang bisa dicabut.

5. Beli produk bersertifikasi Energy Star.

https://npr.org/

Energy Star adalah program yang menyatakan produk telah menggunakan energi secara efisien. Produk Energy Star akan menghemat biaya utilitas Anda. Berbagai peralatan seperti bola lampu, kulkas, televisi, mesin cuci, dan tungku pembakaran telah memiliki sertifikasi Energy Star. Namun, di antara produk-produk ini ada yang dapat menghemat energi jauh lebih baik dari yang lain.

Baca Juga: 5 Selebriti Ini Bukti Bahwa Ibu Tiri Tak Selamanya Jahat

Sosial Media