09 Jan 2018 19:00

5 Penyebab Utama Kenapa Pasangan Akhirnya Memutuskan Bercerai

keluarga kokoh

elitedaily.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Setiap pasangan tentu bermimpi untuk memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia. Namun nyatanya, ini bukanlah hal yang langsung dapat diperoleh begitu saja. Rintangan dan jalan terjal pun pasti akan dilalui dalam mengarungi rumah tangga. Jika berhasil, rumah tangga akan bertahan dan bahagia. Jika tidak, rumah tangga pun terancam hancur oleh perceraian. Lalu sebenarnya, apa saja sih penyebab utama dari perceraian?

1. Kurangnya komunikasi dalam hubungan. 

counselinglongbeach.com

Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Namun nyatanya, tak jarang pasangan yang kemudian melupakan hal ini dalam rumah tangganya, entah karena kesibukan, ego masing-masing, ataupun kurangnya keterbukaan antara suami-istri. Padahal apabila dibiarkan, kurangnya komunikasi ini dapat membuat pasangan menjadi jauh, dan akhirnya rawan untuk berkonflik yang dapat berujung pada perceraian. 

2. Kasih sayang yang kurang ditunjukkan. 

pixabay.com

Tentu saja suami-istri menikah karena rasa sayang satu sama lain. Namun apabila setelah menikah kasih sayang tak ditunjukkan, hal ini dapat berakibat buruk pada pernikahan. Apabila pasangan tak mendapat kasih sayang dan perhatian yang cukup, maka akan muncul keinginan untuk mendapatkan kasih sayang dari pihak lain. Hal inilah yang menyebabkan hadirnya orang ketiga dan juga perceraian. 

Baca Juga: Romantis, Ini 7 Ilustrasi yang Menunjukkan Bagaimana Cinta Sesungguhnya

3. Terlalu sering kabur dari sebuah perdebatan atau konflik.

lunchclick.co

Perdebatan dan konflik memang bukanlah hal yang menyenangkan dalam sebuah hubungan, namun bukan berarti pasangan suami-istri harus menghindarinya. Menghindari perdebatan dan konflik ini justru dapat menimbun masalah dalam pernikahan, yang bisa saja meledak suatu saat. Anda pun jadi tak dapat memahami apa yang ada di pikiran dan hati pasangan ketika Anda tak membicarakan konflik yang ada.  

4. Kurangnya rasa tanggungjawab dalam membangun sebuah hubungan. 

theasianparent.com

Tak hanya dengan cinta dan kasih sayang, sebuah hubungan pun perlu dibangun dengan rasa tanggungjawab yang dipegang oleh pihak suami dan istri. Rasa tanggungjawab ini membuat pasangan akhirnya berusaha sebisa mungkin untuk menjaga komitmen yang telah diikrarkan saat menikah. Selain itu, pasangan pun juga harus berusaha untuk meluangkan waktu untuk keluarga, agar pernikahan dapat terjaga dengan baik. 

5. Selalu menunjukkan perasaan negatif yang membuat atmosfer rumah tangga menjadi negatif pula.

pixabay.com

Menyimpan perasaan negatif memang buruk. Namun selalu menunjukkan perasaan negatif juga dapat berakibat buruk bagi rumah tangga Anda. Suasana rumah tangga Anda menjadi buruk dan tak menyenangkan. Hal ini pun dapat membuat pasangan menghindar, ataupun mencari kesenangan di tempat lain. 

5 penyebab perceraian di atas pun harus dihindari oleh pasangan agar pernikahan tetap langgeng dan bahagia. Semoga langgeng, ya!

Baca Juga: 7 Makanan Berbahaya yang Harus Mulai Anda Tinggalkan di Tahun 2018


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali