06 Jan 2018 17:00

Mudah dan Menyenangkan, Ini Cara Bersihkan Lantai Berbahan Dasar Semen

keluarga kokoh

https://www.thespruce.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Tren dunia desain interior yang terus berputar, membuat beberapa material yang dulu pernah tergerus kembali ramai peminat. Popularitas lantai semen yang dulu sempat tergantikan oleh material keramik dan porselen kini mulai diminati. ‘Menghadirkan nuansa industrial dan vintage’, begitu pendapat para arsitek dan desainer interior mengenai lantai semen yang tengah merangkak populer saat ini.

Tampilan lantai semen yang polos dan terkesan natural memungkinkan untuk mengaplikasikan berbagai macam gaya desain, bahkan bermain motif pada permukaan lantai untuk menciptakan aksen yang menarik. Meskipun perawatan lantai semen tergolong lebih mudah dibandingkan material penutup lantai lainnya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang perawatan dan cara membersihkan lantai semen dari noda. Sebab, cara yang salah justru akan merusak permukaan lantai dan membuatnya terlihat kotor. Ini dia tipsnya!

1. Pilih pembersih lantai yang tepat

http://wisegeek.com

Hindari pembersih lantai yang mengandung bahan kimia yang terlalu keras agar warna lantai tidak cepat pudar. Gunakan pembersih lantai khusus untuk lantai semen yang mengandung Ph netral yang mampu menjaga kilap warna semen.

Baca Juga: Ragam Es Krim Ini Terbuat Dari Sayuran. Gimana Rasanya Ya?

2. Segera bersihkan noda pada lantai

https://www.thespruce.com

Lantai semen rentan sekali terkena debu dan noda. Oleh sebab itu sapu dan pel lantai secara rutin, dua kali sehari untuk menghindari tumpukan debu yang berbahaya bagi kesehatan. Jangan menunda membersihkan lantai yang terkena noda, terutama noda cair yang membandel. Noda cair bisa membuat lantai lembab dan berlumut. Untuk membersihkannya, gunakan lap kering untuk menghapus noda. Kemudian bersihkan sisa noda dengan lap basah hingga benar-benar bersih.

3. Poles ulang lantai semen

http://allgaragefloors.com

Seiring dengan berjalannya waktu, intensitas warna pada lantai semen akan semakin memudar. Karena itu, Anda perlu memoles ulang dengan pelitur khusus dan semen warna untuk mencerahkan warna semen. Cara mudahnya, Anda bisa menggosok-gosokkan ampas kelapa parut ke seluruh permukaan lantai hingga warnanya kembali cerah.

Selalu perhatikan kebersihan rumah Anda, dan pilih material berkualitas supaya hunian tidak mudah lapuk dimakan waktu. Gunakan selalu Semen Gresik yang terjaga kualitasnya, agar hunian Kokoh Tak Tertandingi!

Baca Juga: Rumah Adat Khas Nusantara Ini Ada di Luar Negeri Lho, Bangga Deh!

Sosial Media