06 Jan 2018 19:00

Nama Anda Bisa Tentukan Kesuksesan, Lho! Ini 5 Faktanya

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Apalah arti sebuah nama. Peribahasa ini seringkali disebut untuk menunjukkan bahwa nama bukanlah hal yang benar-benar krusial. Namun rupanya, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang berbanding terbalik, lho. Nama rupanya dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang. Dilansir dari lifehack.org, berikut adalah 5 cara bagaimana nama dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang. 

1. Nama yang umum dipakai lebih mudah dalam mendapat panggilan pekerjaan. 

thebalance.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marquette University menunjukkan, orang-orang dengan nama yang umum dipakai rupanya lebih mudah dalam mendapatkan panggilan kerja. Sebaliknya, orang dengan nama yang unik dan tak biasa cenderung lebih sulit dalam mendapatkan panggilan kerja. 

2. Nama yang mudah dilafalkan, lebih mudah mendapatkan kenaikan pangkat.

videoblocks.com

Apakah nama Anda mudah dilafalkan? Jika iya, Anda patut bersenang hati. Menurut penelitian dari New York University, orang yang memiliki nama dengan pelafalan yang mudah biasanya akan lebih mudah mendapatkan kenaikkan pangkat. Tak berhenti sampai di situ, mereka pun lebih mudah menaiki tangga kelas sosial daripada orang yang memiliki pelafalan nama yang sulit. 

Baca Juga: 7 Potret Artis yang Tetap Menawan, Padahal Sudah Punya Anak

3. Wanita dengan nama maskulin akan lebih mudah mendapatkan karir yang sukses. 

womensweekly.com.sg

Untuk wanita, nama maskulin rupanya dapat mempermudah dalam mendapatkan karir yang gemilang. Meskipun wanita seringkali dipandang sebelah mata, mereka yang memiliki nama maskulin akan lebih mudah dalam menguasai berbagai bidang dalam pekerjaan. 

4. Pria dengan nama yang pendek biasanya menjadi bos perusahaan. 

dramabeans.com

Sebuah penelitian yang dilakukan LinkedIn terhadap lebih dari 100 juta profil pengguna mengungkapkan bahwa sebagian besar posisi CEO ditempati oleh pria. Lebih jauh lagi, pria yang menduduki jabatan CEO ini biasanya memiliki nama yang pendek, misalnya saja "Bob" atau "Tim". Rupanya, nama pendek diyakini membuat seseorang dianggap ramah dan lebih mudah didekati. Alhasil, mereka pun memiliki koneksi luas yang dapat membantu mereka dalam meraih kesuksesan. 

5. Nama yang dimulai dengan huruf awal alfabet (A, B, C, D, E) cenderung lebih berprestasi di sekolah. 

videoblocks.com

Sebuah penelitian yang dilakukan di Czech Republic mengupas fakta yang kontroversial. Penelitian ini mengungkapkan bahwa para siswa yang diawali dengan deretan huruf awal alfabet cenderung memiliki prestasi yang gemilang di sekolah. 

5 fakta di atas pun membuktikan bahwa rupanya nama dapat mempengaruhi kesuksesan. Meski begitu, bukan berarti apabila nama Anda tak memenuhi 5 kriteria di atas, Anda tidak akan bisa sukses, ya. Dengan kerja keras dan kegigihan, semua orang dengan nama apapun pasti bisa sukses, kok!

Baca Juga: 5 Tipe Kepribadian Berdasarkan Cara Merayakan Tahun Baru

Sosial Media