05 Jan 2018 19:00

7 Makanan Berbahaya yang Harus Mulai Anda Tinggalkan di Tahun 2018

keluarga kokoh

youtube.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Di tahun baru, tentu Anda memiliki keinginan untuk menjadi orang yang lebih baik. Kesehatan pun menjadi hal yang penting untuk diperhatikan di tahun yang baru ini. Jika di tahun sebelumnya Anda sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, mungkin tahun 2018 ini menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk memulai hidup sehat. Untuk itu, berikut adalah 7 makanan yang mulai harus Anda hindari di tahun 2018. 

1. Keripik kentang

todayifoundout.com

Keripik kentang memang menjadi cemilan favorit hampir semua orang. Namun yang harus diperhatikan, konsumsi kripik kentang harus mulai dibatasi, lho. Keripik kentang rupanya mengambil andil yang besar dalam kenaikan badan seseorang, dimana satu ons keripik kentang polos mengandung setidaknya 150 kalori. Jadi untuk Anda yang ingin diet, mungkin sudah saatnya Anda untuk menghindari camilan yang satu ini. 

2. Makanan cepat saji

eatthis.com

Sudah diketahui sejak lama, makanan cepat saji dapat menimbulkan obesitas dan juga diabetes tipe 2. Jika di tahun sebelumnya Anda tetap nekat mengkonsumsi makanan cepat saji, tak ada salahnya jika di tahun 2018 ini Anda berusaha membatasi konsumsi makanan cepat saji. 

3. Gorengan 

solo.tribunnews.com

Gorengan adalah segala makanan yang cara masaknya melalui proses penggorengan dengan minyak. Banyak risiko yang akan Anda terima bila terlalu sering mengkonsumsi gorengan, antara lain penyakit jantung, diabetes, gastroenteritis, obesitas, memperlambat tingkat metabolisme, dan berbagai penyakit lainnya. Anda pun bisa mengganti gorengan dengan makanan rebus untuk mengurangi berbagai risiko tersebut. 

Baca Juga: Benar Banget! Ini 5 Hal yang Pasti Anda Rasakan Kalau Punya Pasangan Posesif

4. Minuman bersoda

solo.tribunnews.com

Minuman soda dapat menimbulkan diabetes karena kandungan gula dan kalori yang besar di dalamnya. Selain itu, minuman bersoda juga dapat meningkatkan asam lambung, apalagi untuk Anda yang menderita maag. 

5. Makanan kalengan. 

yukepo.com

Makanan kalengan dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh, misalnya saja sayur atau daging kalengan. Makanan kalengan tentunya mengandung pengawet yang berbahaya bila dikonsumsi terus-menerus oleh tubuh. Selain itu, vitamin dan nutrisi yang terdapat pada sayur atau daging yang sudah di kaleng tentu akan hilang. Tubuh Anda pun takkan mendapatkan manfaat apapun. 

6. Permen dan manisan

tokomesin.com

Permen menjadi salah satu makanan yang diandalkan saat bosan ataupun dalam perjalanan. Namun mungkin Anda perlu berpikir dua kali sebelum memakan permen maupun manisan. Kebanyakan permen dan manisan memiliki kadar gula yang tinggi, yang dapat merusak gigi dan juga menyebabkan kegemukan. Jadi, sebaiknya Anda membatasi 1 sampai 2 butir permen setiap harinya. 

7. Popcorn panggang

liveblogspot.com

Popcorn memang menjadi camilan yang paling tepat untuk nonton film. Tapi popcorn juga memiliki risiko untuk kesehatan Anda, lho. Laporan dari BPOM bahwa terdapat perasa mentega palsu ditemukan pada popcorn. BPOM juga melaporkan bahwa wadah popcorn yang digunakan di microwive juga memiliki lapisan bahan yang rusak ketika dipanaskan yang dapat berbahaya bagi jantung dan juga paru-paru. Untuk itu, Sebaiknya Anda membuat popcorn menggunakan kompor dan membumbuinya dengan minyak zaitun. 

Tidak mudah memang untuk membatasi 7 makanan di atas. Namun dengan komitmen yang kuat untuk hidup sehat, bukan tidak mungkin Anda bisa menghindari 7 makanan di atas. 

Baca Juga: 5 Akun Instagram ini Bikin Kegiatan Masak Jadi Mudah

Sosial Media