03 Jan 2018 19:00

Ternyata Orang yang Berantakan Itu Jenius, Lho! Ini Faktanya

keluarga kokoh

m2woman.co.nz

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Ruangan yang berantakan seringkali dianggap buruk oleh kebanyakan orang. Namun rupanya, sebuah studi dari University of Minnesota mengungkapkan, rumah atau kamar berantakan sebenarnya disebabkan pemikiran yang lebih kreatif, lho! 

1. Orang yang berantakan lebih dapat berpikir kreatif dan inovatif. 

mensxp.com

Orang yang rapi dan tertata dengan baik cenderung merupakan orang yang sangat taat aturan. Akibatnya, orang-orang seperti ini hanya mengikuti arus dan aturan. Sebaliknya, orang kreatif justru berpikir melawan arus. Mereka pun memiliki ide kreatif yang tak biasa.

Menurut Dr Vohs, salah satu dari tim peneliti dari University of Minnesota, kondisi berantakan yang dimiliki seseorang itu menjadi inspirasi bagi mereka untuk berpikir out of the box dan menghasilkan ide-ide baru yang kreatif dan segar. 

2. Suasana berantakan bisa jadi inspirasi tersendiri bagi orang kreatif untuk berpikir. 

elitedaily.com

Ingat ilmuwan genius Albert Einstein? Rupanya, ada seorang fotografer yang sempat mengambil gambar meja kerja Albert Einstein. Dari foto tersebut, terlihat  betapa meja kerja pria tercerdas itu penuh dengan kertas berserakan, buku-buku, majalah, amplop-amplop, kaleng snack, dan kertas-kertas yang menumpuk. Rupanya, ruangan yang berantakan terkadang memang dapat membantu seseorang dapat berpikir kreatif, dibandingkan dengan ruangan yang rapi. 

Baca Juga: 5 Tipe Kepribadian Berdasarkan Cara Merayakan Tahun Baru

3. Proses kreatif tak jarang berantakan. 

healthyway.com

Pernahkah Anda melihat seniman yang melukis? Biasanya, mereka cenderung akan meletakkan cat warna serta kuasnya dengan berantakan. Hal ini pun dapat menunjukkan bahwa seringkali proses kreatif itu berantakan. Orang kreatif akan lebih berfokus pada apa yang mereka kerjakan, daripada sibuk untuk menata ruangan maupun peralatan mereka. 

Orang kreatif tidak begitu pada detail kecil seperti ruangan yang berantakan. Tak heran, mereka yang berantakan dan kreatif itu dapat menghasilkan karya yang dapat berdampak pada masyarakat luas, karena mereka begitu fokus pada apa yang mereka kerjakan. 

Meskipun orang kreatif seringkali berantakan, jangan sampai Anda menjadi berantakan untuk kreatif, ya. Lingkungan akan mempengaruhi Anda, jadi jangan biarkan lingkungan sekitar Anda berantakan begitu saja. Jika Anda takut ruangan yang terorganisir dapat membunuh kreativitas Anda, Anda pun dapat membiarkan ruang kerja Anda berantakan, namun merapikan dan membersihkan ruangan lainnya. 

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kalau Ternyata Anda Jenius, Meski Tak Disadari


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali