21 Des 2017 17:00

Agar Tak Berujung Fatal, Ini 8 Sinyal Alami Tubuh Sedang Depresi

keluarga kokoh

https://dailystar.co.uk

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Semua orang tentu pernah merasa depresi. Tekanan pekerjaan jadi salah satu penyebab orang depresi. Semua orang memiliki sinyal sendiri saat mengalami tekanan dalam hidupnya. Dan semua memiliki daya tahan berbeda saat depresi melanda. Ada yang melampiaskannya dengan bercerita, hingga yang paling ekstrem yaitu mengakhiri hidup. Agar tak berujung fatal, kenali tanda-tanda depresi yang mungkin saat ini sedang Anda hadapi!

1. Membuat diri sendiri terlalu sibuk

http://www.cbc.ca

Studi baru-baru ini, yang diterbitkan dalam jurnal Plos One menemukan, terlalu sibuk bekerja dapat memicu munculnya gangguan kejiwaan, seperti depresi dan kecemasan. Menjaga ritme kerja, dan piknik termasuk cara yang efektif menangkal depresi.

2. Tidak merasakan emosi apapun

http://www.lovepanky.com

Depresi membuat Anda tidak merasakan emosi apapun. Saat bahagia, Anda tidak benar-benar excited, tapi tidak juga merasakan kesedihan yang mendalam. Semuanya terasa datar dan hampa.

3. Gangguan tidur

https://www.talkaboutsleep.com

Gangguan tidur yang terus-menerus juga bisa menjadi tanda depresi. Beberapa orang mungkin terlalu lelah bekerja dan merasa semakin sulit bangun di pagi hari. Di sisi lain, ada orang yang makin susah untuk tidur. Kelelahan ini dapat memunculkan perasaan cemas dan frutrasi yang makin memperburuk gejala depresi.

Baca Juga: Waspada 5 Toksin yang Menyerang Psikologis Pengguna Media Sosial Ini!

4. Merasa sakit di beberapa bagian tubuh

http://health.com

Depresi dapat memicu gejala yang menyakitkan, seperti sakit kepala, seluruh tubuh nyeri, dan lelah. Dalam beberapa kasus, rasa sakit mungkin merupakan tanda depresi pertama. Kenali tubuh Anda, bila kerap merasa sakit, segera hubungi psikiater atau ambil jeda dalam bekerja.

5. Berpikir keras saat memutuskan sesuatu

https://wehavekids.com

Secara fisiologis, bagian otak yang memengaruhi motivasi dan pengambilan keputusan akan terpengaruh saat mengalami depresi. Orang yang depresi akan berupaya lebih keras memutuskan sesuatu, padahal keputusan tersebut seharusnya mudah, seperti mau pilih kopi atau teh.

6. Nafsu makan berubah

http://www.opnlttr.com

Perubahan kebiasaan makan bisa menjadi salah satu pertanda depresi. Beberapa orang tidak mau makan saat mereka depresi. Tapi ada juga orang yang mengatasi depresi dengan banyak makan, hingga memicu penambahan berat badan.

7. Menghindari hal-hal kecil

https://www.verywell.com

Depresi sangat terkait dengan kesedihan. Mudah tersinggung adalah tanda umum yang kebanyakan orang abaikan. Jika Anda merasa agak gelisah soal hal-hal sepele yang biasanya terjadi dan Anda ingin menghindarinya, seperti mengantre.

8. Tiba-tiba menangis menghadapi masalah kecil

https://mnn.com

Anda mungkin terisak-isak saat menghadapi hal-hal kecil, seperti kehilangan kunci. Masalah kecil bisa terasa luar biasa saat Anda didera depresi. Anda pun mungkin akan lebih mudah menangis.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Ini Cara Memilih Mainan yang Benar untuk Anak

 

Sosial Media