19 Des 2017 17:30

Jangan Salah Pilih, Ini Cara Memilih Mainan yang Benar untuk Anak

keluarga kokoh

https://www.instagram.com/gisel_la/

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Mainan adalah media supaya anak berinteraksi dengan orangtua, keluarga, dan teman sebayanya. Dalam permainan anak, hal terpenting adalah interaksi. Pada tahap ini, memilih mainan yang sesuai usia buah hati dan melibatkan orangtua jadi syarat pasti. Lalu bagaimana cara memilih mainan yang sesuai tumbuh kembang anak?

1. Pilih mainan yang bisa memancing kreativitas anak

http://www.fisher-price.com

Dalam interaksi itu, anak-anak bisa mengembangkan kreativitasnya, juga mengasah kemampuan lainnya. Dia mencontohkan, pada usia 0-18 bulan biasa anak sedang memasuki fase mengenal bagian tubuh. Mainan yang sesuai adalah yang menghasilkan bunyi-bunyian. Misalnya, kerincingan untuk menstimulasi pendengaran.

Baca Juga: Tak Butuh Modal Besar, 6 Trik Ini Jadikan Youtuber Profesi Menjanjikan

2. Peran serta orang tua saat bermain pun diperlukan

http://news.psu.edu

Saat bermain, orangtua pun perlu menaik-turunkan intonasi suara, serta wajah ekspresif. Mungkin hal ini terlihat dan terdengar aneh bagi orang dewasa, tapi untuk berkomunikasi dengan anak ketika bermain adalah hal yang biasa.

3. Memasuki usia yang lebih tinggi, mainan pun bisa lebih beragam

https://v.tvpage.com

Kemudian, saat fase anak bisa berjalan di usia dua tahun, maka dibutuhkan mainan yang lebih eksploratif. Ada masa di mana anak suka melakukan aktivitas pengulangan dan mengambil serta melempar mainan. Saat itu anak-anak sedang belajar teori "sebab-akibat", seperti ketika diambil, dilempar, kemudian menghasilkan bunyi. Pada fase selanjutnya, bisa mengenalkan mainan anak yang memancing daya kreativitas dan imajinasi. Kemudian, saat fase anak bisa berjalan di usia dua tahun, maka dibutuhkan mainan yang lebih eksploratif. Misalnya, menyusun balok dan mainan yang berkaitan dengan pekerjaan di dunia nyata.

Selain itu, terkait dengan tumbuh kembang anak, masih banyak hal yang perlu jadi sorotan. Anda bisa memperoleh tips mengenai parenting lainnya di rubrik yang ada di keluargakokoh.com.

Baca Juga: Waspada 5 Toksin yang Menyerang Psikologis Pengguna Media Sosial Ini!

Sosial Media