18 Des 2017 17:00

Waspada 5 Toksin yang Menyerang Psikologis Pengguna Media Sosial Ini!

keluarga kokoh

http://wersm.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Bagai dua sisi mata uang, media sosial juga memiliki dua sisi yang berbeda. Ada pihak yang menganggap medsos sebagai dampak positif, ada yang sebaliknya. Sebenarnya hal ini tergantung dari penggunanya. Tapi bila lima toksin ini sudah Anda rasakan, coba deh untuk mengurangi intensitas penggunaannya!

1. Medsos tidak sepenuhnya merepresentasikan kehidupan penggunanya

lifehack.org

Ingat, pengguna media sosial hanya membagikan momen yang orang atau followers suka. Tak jarang, orang akan berbagi kebahagiaan, kemewahan, dibalik akun sosial medianya agar terlihat hidupnya baik-baik saja. Jadi, kalau ada teman yang status medsosnya bahagia, bukan berarti hidup Anda tak sempurna. Semua orang punya masalah, tinggal dipilih, Anda mau membagikannya di medsos atau orang terdekat?

2. Sok narsis jadi efek samping media sosial

huffpost.com

Tolok ukur pencapaian di media sosial adalah berapa like yang didapat saat membagikan sesuatu. Saat like yang didapat tak sesuai ekspektasi, Anda akan terus berburu gambar atau status yang lebih fantastis. Betul tidak? Secara tidak langsung Anda dituntut jadi pribadi yang narsis, walaupun itu bukan Anda banget.

3. Selain itu, Anda jadi pribadi close-minded

researchdigest.files.wordpress.com

Sejatinya, para pengguna sosial media akan memilih untuk mengikuti akun yang dianggap penting dan sependapat dengannya. Hal ini menciptakan ruang terbatas, dimana lambat laun Anda akan menutup rapat-rapat pendapat mereka yang berseberangan.  

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Gerakan Wajah Ini Bikin Kulit Cepat Keriput!

4. Privasi? Buang jauh-jauh deh!

thesun.co.uk

Begitu mudahnya akses berbagi yang diberikan oleh sosial media. Sampai-sampai Anda tak sadar bahaya apa yang mengintip dibalik sana. Tak jarang juga kita melihat di media kasus penculikan yang berawal dari sosial media. Hih, ngeri!

5. Faktanya, banyak waktu terbuang di sosial media

youtube.com

Ini dampak lain yang paling mengerikan. Mungkin Anda menghabiskan waktu sekitar 2 sampai 5 menit untuk Instagram. Terus 2 sampai 5 menit lagi melihat Twitter, dilanjut 2 sampai 5 menit berikutnya membalas pesan di Whatsapp. Lalu 2-5 menit selanjutnya melihat pesan di grup Line atau membaca Line Today. Total waktu terbuang ada 20 menit. Kebiasaan beruntun ini muncul setiap waktu lho!

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Artis Korea Ini Rela Drop Out Demi Menjadi Idola K-Pop


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali