07 Des 2017 19:00

5 Jembatan Terindah di Indonesia Ini Instagramable Banget!

keluarga kokoh

jabar.pojoksatu.id

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy

Jembatan memiliki fungsi untuk menghubungkan satu daratan dengan daratan yang lain yang terpisahkan oleh sungai. Namun selain dari fungsinya, jembatan pun dibangun dengan sangat cantik untuk memperindah sebuah kota. Jika Anda sering menganggap bahwa jembatan indah hanya ada di luar negeri, Anda salah besar, lho. Banyak pula jembatan di Indonesia yang tak kalah indahnya dengan misalnya jembatan di San Fransisco ataupun Korea. Berikut adalah 5 jembatan kece yang bisa Anda kunjungi dengan keluarga!

1. Jembatan Pasupati - Bandung

beingindonesian.com

Menghubungkan bagian utara dan timur Kota Bandung melewati Lembah Cikapundung, jembatan Pasupati memiliki panjang 2,8 kilometer dan menjadi jembatan terpanjang kedua di Indonesia. Perpaduan indahnya lampu di jembatan dan lampu-lampu mobil yang hilir akan membuat Anda dapat menikmati keindahan jembatan Pasupati di malam hari.

2. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah – Siak Sri Indrapura

id.wikipedia.org

Jembatan yang terkenal juga dengan jembatan Siak ini melintas di atas Sungai Siak, Kota Siak Sri Indrapura, Riau. Jembatan Siak ini didesain hingga usia lebih dari 100 tahun dibangun dengan sistem cable stayed, dengan konstruksi yang modern. Nama jembatan ini pun diambil dari nama permaisuri Sultan Kesultanan Siak terakhir, Sultan Syarif Qasim II.

Di atas jembatan ini, Anda akan menemukan sebuah menara yang dapat dituju dengan dua buah lift. Arsitektur Melayu pun menjadi ciri khas sekaligus penambah keindahan dari jembatan ini. Anda pun bisa menikmati keindahan jembatan Siak dari turap, yaitu pedestrian yang dibangun Pemda di sepanjang pinggiran Sungai Siak di seputaran Kota Siak Sri Indrapura. Sambil makan, minum, dan menghabiskan waktu dengan keluarga, Anda bisa menikmati keindahan jembatan Siak.

Baca Juga: Kepribadian Seseorang Bisa Terungkap dari Kopi Favoritnya. Cek di Sini!

3. Jembatan Suramadu - Surabaya

youtube.com

Jembatan Nasional Suramadu menjadi penghubung Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan), Jawa Timur. Menjadi jembatan terpanjang di Indonesia saat ini, jembatan Suramadu terbagi menjadi 3 bagian, yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Selain sebagai sarana penghubung, jembatan Suramadu ini rupanya juga menjadi obyek wisata. Terdapat sebuah taman yang berada di sisi utara jembatan dimana para pengunjung dapat menikmati udara dan semilir angin dari sisi selatan Jembatan Suramadu dengan panorama laut yang menyenangkan. Berdiri kokoh dan indah, jembatan Suramadu ini ternyata memang dibangun dengan material yang berkualitas, yaitu Semen Gresik.

4. Jembatan Ampera - Palembang

ksmtour.com

Jembatan Ampera terletak di atas Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. Pada malam hari, para pengunjung dapat menikmati kecantikan jembatan inidengan adanya lapu sorot dari atas kedua menara jembatan. Selain itu, ada pula areal terbuka (Plaza Kuto Besak) dan restoran-restoran terapung yang bisa digunakan pengunjung untuk menghabiskan waktu dan menikmati keindahan jembatan Ampera.

5. Jembatan Barito - Banjarmasin

wisatakalimantan.com

Merupakan akses Jalan Trans Kalimantan dari Banjarmasin menuju ke Palangkaraya dan sebaliknya, Jembatan Barito menjadi penghubung antaa tepi barat Sungai Barito di Kecamatan Anjir Muara dengan tepi timur Sungai Barito di Kecamatan Alalak dekat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tanpa harus keluar negeri dan menghabiskan banyak biaya, Anda pun bisa berlibur dengan asyik bersama dengan orang terdekat Anda. Jadi, mana nih yang akan Anda kunjungi duluan?

Baca Juga: Selain Harga, Ini Dia 5 Hal yang Harus Perhatikan Sebelum Membeli Rumah!

Sosial Media