01 Des 2017 19:00

Anda Sudah Tahu? Ternyata Seperti Ini Mitos vs Fakta HIV/ AIDS!

keluarga kokoh

actorsfund.org

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Jatuh pada 1 Desember, Hari HIV/AIDS Internasional dirayakan oleh seluruh masyarakat di dunia. Ditetapkan sejak 1988 berkat usulan WHO, Hari HIV/ AIDS sedunia ingin mengajak kita untuk melawan stigma yang berkembang di masyarakat tentang HIV/ AIDS, khususnya untuk para penderita HIV/ AIDS tersebut. Seringkali penderita HIV/ AIDS mengalami diskriminasi karena stigma-stigma ini. Padahal, tidak semuanya benar, lho. 

Berikut adalah mitos vs. fakta HIV/ AIDS yang perlu Anda ketahui!

MITOS: berpelukan atau sentuhan lainnya bisa menularkan HIV/ AIDS. 

nextavenue.org

Banyak orang yang berusaha dengan keras untuk menghindari orang yang menderita HIV/ AIDS. Alasannya sederhana, karena mereka tidak mau tertular. Padahal, sentuhan kulit bahkan berpelukan sekalipun tidak bisa membuat seseorang tertular HIV/ AIDS. HIV/ AIDS hanya dapat tertular lewat cairan tubuh penderita yang masuk ke dalam darah. 

FAKTA: HIV/ AIDS dapat ditularkan melalui kehamilan dan ASI.

spectrumnews.org

HIV/ AIDS memang dapat ditularkan melalui kehamilan, pasca kehamilan, maupun saat sang ibu memberikan ASI. Hal ini dikarenakan cairan tubuh dari ibu penderita masuk ke dalam darah sang anak. Namun penularan HIV/ AIDS pada anak ini tergantung pada cara persalinan, ulkus serviks atau vagina, perlukaan dinding vagina, infeksi cairan ketuban, ketuban pecah dini, persalinan prematur, penggunaan elektrode pada kepala janin, penggunaan vakum atau forsep, episiotomi dan rendahnya kadar CD4 pada ibu. 

Baca Juga: Bukan Karena Makan Enak, Ternyata Ini Penyebab Meninggalnya Pak Bondan

MITOS: gigitan nyamuk bisa menularkan HIV/ AIDS. 

pixabay.com

Banyak orang takut dengan penderita HIV/ AIDS karena bisa saja nyamuk yang menggigit penderita HIV/ AIDS akan menggigit mereka pula. Padahal, HIV/ AIDS tidak dapat ditularkan oleh gigitan nyamuk. Hal ini disebabkan karena virus HIV/ AIDS tidak bisa berada di dalam tubuh nyamuk. 

FAKTA: HIV/ AIDS dapat ditularkan melalui jarum suntik. 

pixabay.com

Penggunaan jarum suntik dengan tidak steril memang dapat menularkan HIV/ AIDS apabila sebelumnya jarum suntik telah digunakan oleh penderita. Hal ini disebabkan karena cairan tubuh penderita yang masih tertinggal di dalam jarum suntik bisa masuk ke dalam darah seseorang yang menggunakan bekas jarum suntik tersebut. 

HIV/ AIDS memang merupakan penyakit yang berbahaya, namun bukan berarti kita harus menghindari penderita HIV/ AIDS karena stigma yang berkembang di masyarakat tentang HIV/ AIDS yang tidak semuanya benar. Justru, para penderita HIV/ AIDS membutuhkan dukungan kita!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Anda Pahami Agar Hubungan Terhindar dari Perselingkuhan!

Sosial Media