30 Nov 2017 19:00

Bukan Karena Makan Enak, Ternyata Ini Penyebab Meninggalnya Pak Bondan

keluarga kokoh

facebook.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Meninggalnya Bondan Winarno seakan mengejutkan dan membuat banyak pihak berduka, terutama para penggemar setianya. Terkenal sebagai Bapak Kuliner, acara kuliner Pak Bondan memang menjadi salah satu acara kuliner yang ditunggu-tunggu. Dengan kemampuannya, pria yang meninggal di usia 67 tahun ini, mampu menggambarkan secara jelas kepada para pemirsa tentang makanan yang dicicipinya. Banyak pihak menganggap bahwa meninggalnya presenter yang terkenal dengan jargon "Maknyus" ini adalah karena gaya hidup kulinernya yang tampak tak berhenti. Padahal, bukan itu lho penyebabnya. 

Meninggal karena gagal jantung. 

hiburan.metrotvnews.com

Dilansir dari liputan6.com, penyebab Pak Bondan meninggal rupanya karena gagal jantung yang dialaminya. Hal ini pun tertera di dalam Sertifikat Medis Penyebab Kematian milik Bondan yang ditunjukkan kepada media oleh salah satu pihak rumah sakit. Dalam surat ini dijelaskan bahwa meninggalnya Pak Bondan bukanlah karena penyakit menular, melainkan karena Penyebab Langsung, Penyebab Antara, dan Penyebab. Untuk Penyebab Langsung tertuliskan akibat Heart Failure, Penyebab Antara ada Multi Organ Failure, dan Penyebab Dasar adalah Infective Endocarditis.

Baca Juga: 7 Karakteristik Ini Hanya Dimiliki oleh Orang Bergolongan Darah B!

Pak Bondan sendiri sudah menerapkan hidup sehat. 

mediasulsel.com

Berkecimpung di dunia kuliner membuat Pak Bondan tentunya tak bisa terhindar dari berbagai makanan yang berlemak dan dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh. Dilansir dari intisari.grid.id, Pak Bondan selalu memperhatikan makanan apa saja yang ia konsumsi. Pak Bondan tak memiliki pantangan untuk jenis makanan apapun, namun ia selalu berusaha untuk menakar dengan ketat makanan yang ia makan. Ia akan memperhitungkan dengan jelas kandungan yang terdapat di sebuah makanan. 

Selain itu, demi menjaga kesehatannya, Pak Bondan juga dengan disiplin melakukan detoks 48 jam dalam 1 minggu. Jadi, setelah 5 hari bekerja dan berkuliner, di hari Sabtu dan Minggu Pak Bondan tidak akan mengkonsumsi makanan berat apapun. Sebagai gantinya, ia akan meminum jus 200ml setiap 2 jam sekali untuk melakukan detoks. 

Postingan terakhir Pak Bondan. 

instagram.com/maknyusbw

Postingan terakhir Pak Bondan di media sosial pun sempat meramaikan para netizen. Pak Bondan mengunggah foto matahari terbenam. Rupanya, Pak Bondan memang suka menikmati sunset cantik di atap rumahnya. Caption yang dituliskan Pak Bondan pun bernada sedih, seakan pertanda kedukaan yang akan tiba. "Missing this sunset view from our rooftop," tulis Pak Bondan. 

Menjaga kesehatan memang perlu dilakukan oleh setiap orang. Memperhatikan makanan yang Anda konsumsi dan diet sehat pun menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Kepergian Pak Bondan pun menyisakan duka, tak hanya bagi keluarga, namun juga bagi para penggemarnya. Selamat jalan, Pak Bondan. 

Baca Juga: 5 Kelebihan yang Hanya Dimiliki Orang Perfeksionis, Anda Termasuk?

Sosial Media