20 Nov 2017 17:00

Yummy! Ternyata 5 Bumbu Ini yang Bikin Masakan Korea Lezat!

keluarga kokoh

boingboing.net

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Selain K-Drama dan boyband/girlband, virus asal Korea ini juga menyebar lewat sejumlah kulinernya. Tak heran, beberapa kedai makanan dengan menu khas Korea jadi mudah ditemukan di Indonesia. Meskipun memiliki lidah yang berbeda dalam merasakan makanan, tapi masakan Korea ini jadi primadona di lidah penggemarnya. Lalu, apa saja sebenarnya bumbu rahasia masakan Korea? Ini informasinya:

1. Gochujang atau pasta cabai

http://www.shinshine.com

Di Korea, Gochujang atau pasta cabai tak boleh absen dalam setiap masakan seperti bibimbap, dan tteokboki. Gochujang sendiri terdiri dari bubuk cabai, tepung beras ketan, serta kedelai dan garam yang difermentasikan. Rasanya pedas dan sedikit bercampur rasa manis.

2. Doenjang atau saus pasta dari kedelai fermentasi

https://www.maangchi.com

Doenjang adalah Gochujang tanpa cabai. Doenjang adalah saus pasta yang terbuat dari kedelai yang difermentasi dengan rasa manis asin. Warnanya pun mirip dengan selai kacang. Makanan yang biasanya ditambahkan Doenjang adalah makanan berkuah dan yang direbus. Warga Korea biasanya menggunakannya sebagai sambal dan penghilang bau amis daging babi dan ikan laut.

Baca Juga: Agar Penampilan Instagramable Saat Liburan, 6 Fashion Item Ini Wajib Dibawa

3. Ganjang atau kecap asin

https://kimchimari.com

Ganjang sendiri merupakan kecap asin dalam bahasa Korea yang terbuat dari cairan proses fermentasi Doenjang. Karena warga Korea jarang menggunakan garam, Ganjang ditambahkan untuk memberikan rasa asin pada makanan. Dari segi rasa, Ganjang memiliki rasa asin yang cukup asin dan kuat. Jadi tambahkan Ganjang sedikit saja agar makanan tak keasinan.

4. Gochugaru atau bubuk cabai

https://onegreenplanet.org

Dalam membuat kimchi dan tteokbokki, Gochugaru jadi bumbu wajib yang tak boleh ketinggalan. Gochujaru atau bubuk cabai sendiri merupakan bumbu rahasia Korea untuk menciptakan rasa pedas. Berasal dari kata Gochu yang berarti cabai, dan Garu yang berarti bubuk. Gochujaru terbuat dari cabai yang dikeringkan lalu dihaluskan hingga menjadi bubuk.

5. Chamgireum atau minyak wijen

https://detik.net.id

Penggunaan Chamgireum kini sudah mulai banyak dibubuhkan dalam masakan di Indonesia. Chamgireum atau minyak wijen adalah bahan wajib saat membuat bibimbap, naengmyeon, ataupun sekedar jadi saus cocolan pada masakan. Penggunaan Chamgireum dapat menambah aroma kuat masakan Korea.

Baca Juga: Sebelum Usia 30, 5 Trik Travelling Ini Wajib Dicoba!

Sosial Media