15 Nov 2017 19:00

Ini 5 Cara Bertengkar yang Justru Bikin Hubungan Langgeng!

keluarga kokoh

kdramapal.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Bertengkar seringkali dianggap sebagai hal buruk di dalam sebuah hubungan. Padahal hubungan pastinya tidak dapat terhindar dari pertengkaran. Dengan pertengkaran yang sehat, justru hubungan Anda dan pasangan dapat makin hangat dan langgeng, lho. 

1. Saling mendengarkan sebelum berdebat. 

huffingtonpost.com

Saat marah, Anda akan kesulitan dalam mengontrol emosi. Namun jangan lupa untuk mendengarkan pasangan sebelum berdebat. Hal ini penting agar Anda benar-benar tahu apa yang dirasakan dan dialami oleh pasangan Anda terhadap masalah yang sedang Anda dan pasangan hadapi, sehingga perdebatan dan diskusi Anda dan pasangan pun akan berjalan dengan baik. 

2. Tidak berkata kasar. 

counselinglongbeach.com

Meskipun sedang emosi, jaga diri Anda untuk tidak berkata kasar pada pasangan Anda. Mungkin Anda bisa meminta maaf pada pasangan setelah pertengkaran berakhir, namun pasangan bisa jadi tetap mengingat kata-kata kasar yang Anda ucapkan saat bertengkar. Hal ini tentu dapat menganggu hubungan Anda suatu saat nanti kan? Selain itu, pasangan bisa jadi juga ikut terpancing untuk berkata-kata kasar. Alhasil, pertengkaran Anda pun makin menjadi-jadi. Agar pertengkaran Anda tetap sehat, jauhilah kata-kata kasar dalam pertengkaran Anda. 

Baca Juga: Punya Wajah Mirip Berarti Jodoh! Mitos atau Fakta?

3. Tahu kapan harus mendinginkan kepala dan mengalah. 

flipboard.com

Pertengkaran memang bisa menjadi hal yang melelahkan. Untuk itu, jangan sampai Anda bertengkar dengan penuh amarah dan kekesalan. Ada baiknya jika Anda mendinginkan kepala terlebih daulu. Ambilah waktu sendiri sejenak untuk melakukan refleksi diri dan mendinginkan kepala. Setelah perasaan Anda membaik, Anda pun bisa kembali berdiskusi dengan pasangan. 

4. Menghargai perasaaan satu sama lain. 

everydayfeminism.com

Jangan lupakan perasaan pasangan Anda, bahkan saat bertengkar. Ingatlah bahwa pasangan Anda adalah seseorang yang Anda sayangi dan cintai. Pasangan Anda mungkin memang memiliki sudut pandang yang tak bisa Anda pahami, namun tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba memahaminya, kan?

5. Tidak meninggalkan pasangan seorang diri. 

huffingtonpost.com

Mengambil waktu sejenak untuk refleksi diri dan mendinginkan kepala mungkin bukan masalah, namun jangan pernah tinggalkan pasangan seorang diri. Misalnya saat bertengkar, jangan tinggalkan pasangan seorang diri dengan pindah ke rumah orangtua untuk beberapa saat. Hal ini justru akan dapat memperburuk keadaan, lho. Hadapilah pertengkaran yang ada dengan bijak agar hubungan Anda dan pasangan dapat semakin bertumbuh. 

Siapa bilang pertengkaran adalah hal yang buruk? Selama disikapi dengan baik, pertengkaran malah dapat memberikan dampak yang positif kok untuk hubungan Anda dan pasangan!

Baca Juga: Menurut Psikologi, Ternyata 5 Hal ini Penyebab Seseorang Berselingkuh!

Sosial Media