14 Nov 2017 19:00

Punya Wajah Mirip Berarti Jodoh! Mitos atau Fakta?

keluarga kokoh
SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy

Pernah dengar anggapan bahwa dua orang lawan jenis yang punya wajah mirip itu berarti jodoh? Ya, anggapan ini memang dipercayai oleh masyarakat luas. Mereka yang punya wajah mirip dianggap berjodoh dan dapat membangun hubungan jangka panjang. 

Tapi yakin kalau anggapan ini benar? Mitos atau fakta, ya?

Kita cenderung memilih orang yang punya wajah mirip dengan kita. 

instagram.com/chelseaoliviaa

Rupanya, kita memang akan cenderung tertarik pada orang yang memiliki wajah yang mirip dengan kita untuk menjadi pasangan. Penelitian juga mengungkapkan bahwa sebenarnya kita akan memiliki pasangan dengan tipe wajah yang sama. Misalnya, Anda memiliki karakter wajah 'sosial', maka Anda juga akan tertarik dengan orang yang memiliki karakter wajah 'sosial'. Karakter wajah ini pun dihasilkan dari beberapa sifat dan pola pikir yang ada di dalam diri Anda, sehingga secara tak langsung, Anda memiliki sifat dan pola pikir yang sama dengan pasangan. 

Nah, kesamaan inilah yang akan membuat hubungan Anda dan pasangan makin dapat bertahan lama. Itu sebabnya kenapa ada anggapan bahwa wajah mirip berarti jodoh, namun tidak sepenuhnya benar, kok. 

Semakin bahagia, semakin mirip. 

instagram.com/sandradewi88

Setelah Anda menjalani hubungan dengan pasangan, tentunya Anda dan pasangan akan melewati berbagai hal bersama. Dari sinilah Anda dan pasangan berbagi pengalaman emosional yang lama-kelamaan akan membuat wajah Anda dan pasangan tampak mirip. Penelitian dari University of Michigan pun mengungkapkan bahwa kemipiran wajah antara Anda dan pasangan terjadi seiring dengan berjalannya waktu yang Anda habiskan berdua. 

Penelitian ini dilakukan pada pasangan yang telah menikah selama 25 tahun. Hasilnya, mereka memiliki karakter wajah yang cenderung mirip! Hal ini rupanya disebabkan oleh seringnya melihat dan menirukan ekspresi wajah dari pasangan. Makin lama Anda melalui waktu bersama dengan pasangan, makin mirip wajah Anda dengan pasangan!

Tidak hanya kemiripan wajah, namun juga sifat dan perilaku. 

instagram.com/dagnesia

Jangan hanya berfokus pada kemiripan wajah. Orang yang berjodoh dengan kita pun akan memiliki kemiripan sifat dan perilaku dengan kita. Hal ini terjadi karena Anda dan pasangan saling mempengaruhi dalam bersikap dan berperilaku. Hal ini pulalah yang rupanya membuat hubungan Anda dan pasangan makin langgeng, dan akhirnya berjodoh!

Wajah mirip rupanya dihasilkan seiring berjalannya waktu yang Anda habiskan dengan pasangan. Anda dan pasangan jadi berbagi pengalaman emosional yang secara tidak langsung juga membentuk karakter wajah Anda. Namun bukan berarti orang yang mirip dengan Anda sejak awal itu jodoh Anda, lho. Perlu diingat, kemiripan ini terjadi dengan adanya proses, lho, bukan begitu saja! 

Sosial Media