14 Nov 2017 17:00

Bahaya! Jangan Santap Makanan Ini Saat Mengkonsumsi Obat

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Ada beberapa minuman atau makanan yang tidak boleh dikonsumsi berbarengan dengan obat. Ini karena interaksi kimia antara obat dan makanan tersebut dapat membuat obat jadi tak ampuh lagi, atau justru memicu efek samping berbahaya yang malah berbalik menjadi senjata makan tuan bagi kesehatan. Anda sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi obat dalam waktu yang bersamaan dengan makanan berikut:

1. Grapefruit

http://health.com

Grapefruit adalah buah jeruk besar berkulit oranye dengan daging merah keunguan, yang memiliki rasa asam-kecut sedikit manis tapi juga agak pahit. Agar obat bisa bekerja efektif, zatnya harus bisa beredar dengan lancar dalam aliran darah. Grapefruit mengandung furanocoumarin, yang menghalangi enzim ini. Akibatnya zat obat mungkin terserap terlalu banyak atau malah hanya sangat sedikit ke dalam aliran darah Anda. Obat mungkin mengendap di tubuh Anda terlalu cepat atau terlalu lama. Obat yang dipecah terlalu cepat tidak akan sempat bekerja. Di sisi lain, obat yang tinggal terlalu lama di dalam tubuh dapat berubah menjadi racun yang menyebabkan komplikasi berbahaya.

Baca Juga:

2. Sayuran berdaun hijau gelap

http://thescienceofeating.com

Sayuran berdaun gelap, banyak jenisnya seperti daun pepaya, bayam, dan brokoli. Kandungannya tak diragukan lagi bagi kesehatan dan kebugaran. Tapi faktanya, sayuran berdaun hijau gelap ini mengandung banyak vitamin K. Vitamin K bisa menyebabkan gangguan dengan obat pengencer darah. Sayuran berdaun hijau gelap dan obat punya daya kerja yang berlawanan. Obat pengencer bekerja untuk mengencerkan darah dari penggumpalan, sedangkan vitamin K menyebabkan darah mengental.

3. Dairy product atau suplemen kalsium

http://screwyouacne.com

Dairy product seperti keju, yoghurt dan susu akan menghambat penyerapan obat antiobiotik dan suplemen zat besi. Jadi hindari mengonsumsinya bersama-sama. Kandungan kalsium dalam dairy product sebenarnya adalah senyawa yang menyehatkan. Namun hati-hati konsumsi kalsium yang berlebih akan menyebabkan penyakit. Obat Antasida sendiri sudah kaya akan kalsium, sehingga bila dikonsumsi bersamaan dengan dairy product akan menyebabkan kelebihan kalsium dalam tubuh.

Baca Juga:

Sosial Media