13 Nov 2017 17:00

5 Hal Mengejutkan Ini Terjadi Saat Kita Tidur!

keluarga kokoh

pixabay.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Tidur adalah proses alami pada tubuh. Tidur bukan hanya sekedar istirahat, tapi jauh dari itu ada proses perbaikan pada seluruh organ tubuh. Tak hanya mengistirahatkan otot, saat tidur tubuh mengalami perbaikan dan detoksifikasi (mengeluarkan racun). Tidur juga memberi kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas (kekebalan tubuh). Lebih lengkapnya, simak informasi berikut:

1. Otak mengarsip memori

https://www.videoblocks.com

Saat tidur, sebenarnya otak memainkan ulang semua kejadian yang Anda alami di hari itu. Memilahnya, dan menyimpannya ke dalam pusat ingatan jangka panjang. Secara terus menerus, otak akan membuang memori yang tidak dibutuhkan. Otak akan memprioritaskan memori mana yang berguna untuk Anda. Proses pemilihan memori ini terjadi saat di awal tidur nyenyak, atau biasa disebut slow-wave sleep, dimana terjadi aktivitas otak yang sedikit.

2. Suhu tubuh menurun

https://sleep.org

Sekitar 30 menit sebelum tidur, tubuh akan secara otomatis menurunkan temperaturnya. Hal ini untuk menurunkan metabolisme tubuh hingga ke titik dimana Anda bisa terlelap selama berjam-jam lamanya tanpa merasa lapar. Sebagai hasilnya, detak jantung dan tekanan darah ikut turun.

Baca Juga:

3. Kekebalan tubuh meningkat

http://ndtv.com

Ada manfaat lain yang diperoleh jika tidur cukup, yaitu kekebalan tubuh meningkat. Terjadi peningkatan produksi sistem kekebalan tubuh dan protein tertentu selama tidur, sebagai agen tertentu yang memerangi penyakit. Pembunuh kanker yang disebut TNF (tumour necrosis factor) juga dipompa melalui pembuluh darah saat tidur. Inilah mengapa saat sakit, Anda perlu banyak istirahat.

4. Turun berat badan

http://www.losingweightdone.com

Pernahkah saat bangun tidur, Anda merasa kehausan? Ini karena tubuh ternyata kehilangan lebih dari 0,5 kilogram massa air dalam tubuh saat tidur. Tapi jika Anda hanya tidur selama 4 atau 5 jam, kecil kemungkinan berat badan akan turun. Untuk memaksimalkan turunnya berat badan, usahakan tidur cukup minimal 7 jam tiap malamnya.

5. Lebih sering buang gas

https://sleepsugar.com

Dalam sehari, normalnya manusia akan kentut sebanyak 10 sampai 20 kali. Kentut adalah proses keluarnya kelebihan gas dalam tubuh. Ketika tidur, semua otot tubuh juga akan beristirahat. Dengan kata lain, otot yang bertugas menahan gas dalam perut ini juga akan mengendur. Akibatnya, 1 atau 2 gas akan keluar. Beruntungnya, daya penciuman orang akan menurun ketika tidur, jadi kita tidak akan mencium bau kentut tersebut.

Baca Juga:

 

Sosial Media