13 Nov 2017 19:00

Modal Hanya Rp 300 Ribu Ingin Berbisnis? Begini Caranya!

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy

Dalam memulai bisnis, modal seringkali menjadi kendala seseorang. Banyak orang pun menjadi pesimis ketika hendak membangun bisnis karena kurangnya modal yang ada. Padahal, tidak selamanya bisnis selalu membutuhkan modal yang besar, lho. Dengan ide dan kekreatifan yang cemerlang, ide dan kekreativan Anda tersebut bisa menjadi modal yang besar menggantikan modal uang. Untuk itu, Anda harus memilih jenis bisnis yang akan Anda jalankan dengan cermat. Berikut adalah bisnis yang bisa Anda jalankan hanya dengan modal Rp 300 ribu rupiah!

1. Berjualan makanan dan minuman kekinian.

foody.id

Makanan memang menjadi salah satu peluang usaha yang tak ada habisnya. Meskipun tak butuh modal yang banyak, keuntungan yang Anda raup dari bisnis makanan juga besar, lho. Agar bisnis makanan Anda unik dan diminati banyak orang, Anda bisa membuat beragam bisnis makanan dan minuman kekinian, misalnya saja minuman mangga yang kini sedang buming. Dengan promosi yang menarik, usaha makanan dan minuman kekinian Anda pasti bisa laris, kok. 

Anda pun hanya perlu mengeluarkan modal untuk membeli bahan baku makanan atau minuman tersebut. Untuk menghemat modal, Anda pun bisa menjualnya secara online terlebih dahulu. Setelah laris dan mendapat keuntungan, Anda bisa menabung keuntungan tersebut untuk membuka toko offline nya!

2. Menerima pesanan catering sehat.

maxmanroe.com

Kesibukan seakan menjadi penghalang bagi sebagian orang untuk dapat hidup sehat. Mereka lebih memilih untuk makan di luar yang belum tentu sehat, daripada membuat makanannya sendiri di rumah. Hal ini pun bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membuat catering sehat. Anda pun hanya membutuhkan modal untuk membuat makanan tersebut, sebelum akhirnya Anda memasarkannya pada orang-orang terdekat, atau via online. 

Asal rasa dan harga yang Anda tawarkan pas, pasti bisnis catering sehat Anda akan laku, kok!

3. Menawarkan jasa sesuai dengan kemampuan Anda.

pexels.com

Untuk menjual jasa, Anda mungkin bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Sesuaikan jasa yang Anda tawarkan dengan kemampuan Anda agar hasilnya lebih maksimal. Misalnya saja, Anda bisa membuka jasa copywriter, videographer, maupun event organizing. Dengan biaya di bawah Rp 300 ribu, Anda bisa meraup keuntungan, lho!

4. Terima pesanan kue.

shopback.co.id

Kue menjadi salah satu makanan yang laris untuk dijual. Orang pun selalu membutuhkan kue untuk acara-acara penting mereka, sebut saja ulang tahun, pembukaan acara, pernikahan, dan sebagainya. Buatlah kue Anda seenak dan semenarik mungkin agar orang tertarik dan akhirnya menjadi pelanggan setia dari bisnis Anda.

Sebagai awalan, Anda bisa menggunakan modal di bawah  Rp 300 ribu Anda untuk membeli bahan-bahan membuat kue. Untuk promosi, Anda bisa melakukan promosi lewat media sosial. Selain gratis, promosi di media sosial pun terbukti ampuh dan efektif, lho!

5. Membuat kedai kopi 

foody.id

Siapa bilang membuat kedai kopi selalu mahal? Untuk menghemat biaya, Anda bisa membuat kedai kopi online Anda dulu sebagai awalan. Dengan hanya berbekal packaging dan bahan kopi itu sendiri, Anda bisa memulai bisnis dengan modal tak sampai Rp 300 ribu, lho. 

Buatlah packaging dan branding kopi Anda dengan semenarik mungkin. Jangan lupa juga untuk meminta bantuan teman-teman, atau bahkan selegram untuk mengendorse kopi Anda. Alhasil, banyak orang yang tertarik dan akhirnya membeli kopi Anda!

Nah, percaya kan kalau Anda sudah bisa berbisnis dengan modal di bawah Rp 300 ribu? Dengan keuletan dan kegigihan, bisnis Anda dijamin bakal berkembang, deh!

Sosial Media