10 Nov 2017 19:00

Tak Disangka! Ternyata 5 Artis Ini Kerabat dari Pahlawan Indonesia, Lho!

keluarga kokoh
SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Jatuh pada 10 November, Hari Pahlawan menjadi peringatan bagi masyarakat Indonesia akan pertempuran yang terjadi di Surabaya pada tahun 1945. Pertempuran ini pun menjadi salah satu pertempuran yang mengobarkan semangat bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Para pahlawan pun menjadi kunci kemerdekaan Indonesia saat itu. 

Namun tahukah Anda, ternyata beberapa artis di bawah ini merupakan kerabat dari para pahlawan, lho!

1. Maia Estianty 

sabekasi.com

Mungkin tak banyak yang mengetahui bahwa rupanya Maia Estianty merupakan cicit dari pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto, yang juga merupakan pemimpin organisasi Sarekat Islam (SI). Selain itu, Tjokroaminoto juga memiliki peranan penting dalam perkembangan pendidikan sebelum masa kemerdekaan. Tak hanya menjadi pejuang bangsa, menurut Maia, kakek buyutnya juga memberikan nilai dan akhlak bagi keluarga. Maia pun berusaha meneruskan pendidikan tersebut pada ketiga anaknya, Al, El dan Dul.

2. Asri Welas

beritahati.com

Siapa sangka bahwa rupanya Asri Welas merupakan keturuan ketujuh dari Pangeran Dipongero. Asri Welas pun sendiri mengakui bahwa ia terlambat mengetahui bahwa ia memiliki garis keturunan dengan pahlawan bangsa itu. Namun begitu, Asri Welas mengaku bangga karena menjadi keturunan dari Pangeran Diponegoro. 

3. Karina Salim

giant-computer.com

Artis cantik Karina Salim pun rupanya memiliki darah kepahlawanan dari  H. Agus Salim. Ia merupakan cicit dari pahlawan bangsa sekaligus Menteri Luar Negeri pada zaman Presiden RI, Soekarno. Aktris "Mantan Terindah" ini pun mengungkapkan, banyak sekali pelajaran yang ia petik dari sang buyut. "Aku jadi paham makna pemimpin tanpa kenal pamrih, karena emang saat jadi pemimpin dia mau hidup melarat. Artinya dia tidak serta merta menggunakan fasilitas yang diberikan negara," ujarnya

4. Dian Sastro 

jawapos.com

Pemeran Cinta dalam film AADC ini rupanya juga merupakan kerabat dari pahlawan. Adalah Profesor Sunario Sastrowardoyo, pahlawan pergerakan Indonesia, yang pernah menjabat Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan, Dubes RI untuk Inggris dan mantan Rektor Undip, yang rupanya merupakan kakek dari Dian Sastro. 

5. Nia Dinata

muvila.com

Otto Iskandardinata adalah tokoh pahlawan nasional yang memiliki peran penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Nia Dinata pun rupanya merupakan cucu dari Otto Iskandar.

Kemerdekaan telah diraih dan terus harus dipertahankan. Terlepas dari memiliki darah pahlawan atau tidak, sudah menjadi kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia untuk melanjutkan kemerdekaan Indonesia, bukan? Selamat Hari Pahlawan!

Sosial Media