11 Okt 2017 19:00

Sepele, Kebiasaan Berbahaya Ini Tanpa Sadar Sering Anda Lakukan!

keluarga kokoh

remediesforhealthylife.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Pernah tidur dengan rambut yang masih basah sehabis keramas? Mungkin Anda menganggap hal ini sebagai hal yang biasa dan bukanlah masalah. Namun ternyata, tidur dengan rambut basah dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, lho. 

Berikut adalah dampak buruk dari tidur dengan rambut basah yang dapat membuat Anda berpikir dua kali untuk melakukannya!

1. Infeksi jamur pada kulit kepala. 

 

stylecraze.com

 

Saat tidur dengan rambut yang masih basah, kulit kepala pun akan menjadi lembap dan menjadi tempat yang sempurna bagi pertumbuhan jamur serta munculnya infeksi. Selain tumbuh di rambut, jamur yang muncul karena keadaan lembap pun bisa muncul di bantal yang Anda gunakan. Jadi, meskipun keesokan harinya Anda sudah tidak tidur dengan rambut basah, bisa jadi bantal Anda masih menjadi sarang bakteri dan jamur. 

2. Anda jadi mudah terserang flu. 

today.com

Tidur dengan rambut yang masih basah sehabis keramas rupanya dapat membuat Anda lebih mudah mengalami pusing, pegal-pegal, serta demam. Selain itu, hal ini pun dapat menyebabkan Anda mudah terserang flu karena bakteri yang mungkin saja muncul di bantal Anda akibat kelembapan yang ada. 

Baca Juga: Sering Bertengkar Soal Uang? Terapkan 5 Aturan Adil Ini!

3. Rambut Anda lebih cepat mengalami kerusakan. 

oneibeauty.com

Dengan kondisi rambut yang basah, rambut Anda akan bergesekan dengan bantal dan tempat tidur dengan cara yang tidak benar. Hal ini pun dapat menyebabkan rambut Anda menjadi lebih mudah rusak serta terlihat kusam. Tak hanya itu, rambut pun dapat terlihat lebih keriting akibat gesekan ini. 

4. Tubuh Anda sering mengalami alergi. 

stylecraze.com

Perubahan suhu tubuh Anda saat tidur karena rambut yang masih basah dapat menurunkan kekebalan tubuh Anda dan memicu terjadinya alergi. Kelembapan yang terjadi pada Anda selama Anda tidur ini dapat menurunkan mekanisme kekebalan tubuh, sehingga bakteri dapat lebih mudah menyerang kekebalan tubuh Anda. 

5. Minyak berlebih menyebabkan ketombe! 

remediesforhealthylife.com

Tidur dengan kulit kepala yang lembap dapat menganggu fungsi kelenjar sebaceous yang ada di kulit kepala. Kelenjar ini pun akan memperbanyak atau mengurangi produksi minyak di kulit kepala. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan PH di kulit kepala. Akibatnya, Anda bisa jadi akan diserang ketombe, maupun minyak pada kulit kepala yang berlebih. 

Baca Juga: Ingin Kaya? Pastikan Anda Punya 5 Mindset Ini!

Sosial Media