08 Okt 2017 19:00

Sering Bertengkar Soal Uang? Terapkan 5 Aturan Adil Ini!

keluarga kokoh

asianwiki.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Meskipun sering dikatakan bukan segalanya, uang tetaplah hal yang penting di dalam kehidupan kita, termasuk di dalam kehidupan berkeluarga. Untuk Anda yang telah menikah, memiliki kesamaan visi pun penting dalam mengelola uang. Jika Anda dan pasangan sering bertengkar terkait soal uang, berikut adalah cara atur keuangan Anda dan pasangan. 

1. Sepakati mengenai bagaimana penggunaan uang. 

thebeijinger.com

Biasanya, cara penggunaan uang seseorang akan dipengaruhi dari ajaran orangtuanya. Ketika dewasa, cara ini akan terbawa. Untuk itu, Anda dan pasangan sebaiknya berbicara dan berdiskusi mengenai bagaimana penggunaan uang Anda berdua. Dengan hal ini, Anda dan pasangan pun dapat meminimalisir terjadinya konflik.

Langkah ini pun dapat membuat Anda semakin memahami karakter pasangan Anda. Lebih jauh lagi, Anda dan pasangan pun akan lebih mudah beradaptasi ketika Anda telah sepakat mengenai penggunaan uang. 

2. Tetap miliki rekening terpisah. 

videoblocks.com

Meskipun memiliki rekening bersama, namun tetap milikilah rekening terpisah. Hal ini agar Anda dan pasangan dapat memiliki kebebasan keuangan serta dapat memupuk rasa percaya satu sama lain. Selain itu, Anda pun akan lebih percaya diri karena Anda dan pasangan memiliki rekening yang terpisah.

Baca Juga: Dari 9 Tipe Kecerdasan Ini, Anda Nomor Berapa?

3. Buat tujuan keuangan yang sejalan. 

wallpaperup.com

Suami ingin beli rumah tahun depan, tapi Anda ingin melakukan investasi? Jangan sampai, Anda dan pasangan memiliki tujuan keuangan yang berbeda. Untuk itu, Anda bisa berdiskusi dengan pasangan mengenai tujuan keuangan Anda bersama. Selain itu, tentukanlah target-target dan prioritas dalam keuangan. 

4. Berlaku transparan pada pasangan. 

blog.allstate.com

Transparansi adalah kunci kesuksesan pengelolaan uang bersama Anda dan pasangan. Jangan ada yang ditutupi di antara Anda dan pasangan. Selalu berikan informasi dan penjelasan mengenai pemasukan dan pengeluaran Anda pada pasangan dengan jujur. 

5. Hindari perasaan bersalah saat bicara tentang uang. 

naturalaloecostarica.com

Di Indonesia, membicarakan uang dalam rumah tangga memang sedikit tabu. Namun jangan sampai hal ini jadi membuat Anda dan pasangan sungkan bicara mengenai keuangan. Uang memang bukan hal yang penting, namun uang di dalam rumah tangga harus dikelola dengan baik. Untuk itu, buatlah kesepakatan bersama Anda dan pasangan mengenai keuangan rumah tangga. 

Jangan sampai, Anda dan pasangan bertengkar karena uang, ya. Pastikan Anda dan pasangan membuat perencanaan keuangan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Catat! Ini 5 Tanda Anda Telah Dewasa secara Emosional

Sosial Media