07 Okt 2017 17:00

Deretan Kuliner Lezat Indonesia yang Dianggap Ekstrim Oleh Bule

keluarga kokoh

instagram.com/seleramakan

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Perbedaan budaya juga berpengaruh pada cita rasa makanan yang disantap. Menurut kita orang Indonesia, makanan ini justru lezat. Tapi bagi wisatawan atau bule, deretan kuliner ini dianggap aneh oleh mereka. Apa sajakah itu?

1. Kaki ayam / Ceker

http://travel.tribunnews.com

Menurut lidah orang Indonesia, selain daging dan kulitnya, ceker alias kaki ayam adalah salah satu bagian dari ayam yang enak dikonsumsi. Tekstur dagingnya yang kenyal, dan nikmat bila disajikan dengan bumbu pedas atau digoreng jadi nilai plus kaki ayam ini. Sayangnya, di luar negeri kaki ayam tidak tersaji dalam sebuah hidangan. Mungkin karena kaki ayam yang sering bersentuhan dengan tanah dan tidak higiensi, sehingga para bule ini tidak mau menyantap ceker.

2. Durian

http://www.worldofbuzz.com

Buat orang Indonesia, Durian bagai raja. Dimana-mana kehadirannya selalu jadi rebutan oleh para penikmatnya. Tapi bagi bule, citra Durian tidak demikian. Di film Eat, Pray, Love? Di situ, tokoh Felipe -lawan main Liz Gilbert (Julia Roberts)- mengatakan durian itu, "... that taste like dirty feet." Durian memang memiliki bau yang menyengat, dan bule tak suka makanan beraroma kuat seperti itu.

Baca Juga: Bila Tak Hati-Hati, Anak Dapat Tertular Penyakit Ini di Sekolah

3. Jeroan

http://www.metodesehat.com

Jerohan, berasal dari bahasa Jawa yang artinya bagian dalam, Dan memang makanan ini berasal dari organ dalam sapi dan ayam seperti hati, ampela, dan paru. Bahkan di luar negeri, jeroan sekali tak dilirik tapi justru digunakan sebagai pakan ternak hewan. Berhati-hatilah bagi Anda yang suka makan jeroan, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.

4. Jengkol dan Petai

https://cintamakan.files.wordpress.com

Jengkol merupakan makanan beraroma khas yang banyak digemari orang Indonesia. Khususnya orang Sunda. Memang jengkol terkenal karena aromanya yang amat khas, begitupun petai. Justru itu yang buat jengkol dan petai sering ditambahkan dalam olehan makanan. Tapi buat orang bule, aromanya yang menyengat dan baunya yang awet di mulut, membuat mereka tak suka dengannya.

5.Ikan Asin

https://selerasa.com

Bagi lidah kita orang Indonesia, ikan asin jadi santapan yang bisa membangkitkan nafsu makan. Apalagi ditemani sambal, wah bisa membuat lapar terus. Tapi lagi-lagi masalah baunya yang menyengat, bikin bule ogah menyantap ikan asin ini. wah, sayang sekali ya padahal justru baunya jadi primadonanya.

Baca Juga: 4 Langkah Menyenangkan Mengenalkan Tugas Rumah ke Anak

 

Sosial Media