07 Okt 2017 19:00

Catat! Ini 5 Tanda Anda Telah Dewasa secara Emosional

keluarga kokoh

stocksnap.io

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

IQ seringkali dianggap sebagai tolak ukur kepintaran seseorang, padahal EQ tidak kalah penting, lho. EQ (Emotional Quotient) atau kecerdasan emosional merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menerima, menilai, mengelola serta mengontrol emosi, baik dalam dirinya serta orang-orang di sekitarnya. EQ ini pun sebenarnya penting dalam kehidupan sehari-hari seseorang. 

Kira-kira, Anda termasuk ber-EQ tinggi tidak? Berikut adalah 5 hal yang tidak dilakukan orang ber-EQ tinggi. 

1. Orang dengan EQ tinggi tidak akan bereaksi dengan gegabah. 

pixabay.com

Gegabah merupakan tanda orang tidak sabaran. Orang yang tidak sabaran berarti tidak mampu mengontrol emosinya dengan baik. Hal ini pun menjadi tanda bahwa orang tersebut memiliki EQ yang buruk. Jika Anda memiliki EQ yang baik, tentunya Anda tidak gegabah, bahkan saat menghadapi suatu masalah sekalipun. Anda akan berusaha untuk tenang dan menghadapi masalah tersebut dengan baik. 

2. Tidak fokus pada dirinya sendiri. 

unsplash.com

Ketika seseorang memilki tingkat kecerdasan yang baik, ia tidak akan fokus hanya pada dirinya sendiri, melainkan ia juga memperhatikan orang lain. Orang dengan EQ yang tinggi bukanlah orang yang cuek, melainkan orang yang peduli dengan orang-orang di sekitarnya. 

Baca Juga: Kekinian! Pakai Batik Bikin Tampil Cantik dan Elegan

3. Tidak menolak hal-hal baru.

pixabay.com

Kalau Anda suka belajar hal-hal baru, ini bisa jadi pertanda bahwa Anda memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi. Orang dengan EQ yang tinggi akan selalu memiliki semangat belajar dan tidak menolak hal-hal baru. 

4. Orang dengan EQ tinggi bukanlah orang yang negatif. 

youtube.com

Orang dengan EQ yang tinggi tidak suka tinggal di dalam suatu hal yang negatif. Dia akan menjauhkan diri dari segala hal yang negatif, perselisihan, dan dari segala pertengkaran. Hal ini dilakukan oleh orang dengan EQ tinggi karena mereka sadar bahwa hal negatif hanya akan membuat mereka semakin mundur. 

5. Mereka tidak mudah termakan gosip. 

unsplash.com

Banyak orang yang mudah termakan gosip. Mereka tahu bahwa gosip bisa jadi bukanlah fakta yang sebenarnya. Mereka pun tidak ingin menghabiskan waktu mereka untuk mengurusi hal yang belum tentu benar. 

5 tanda di atas bisa jadi menunjukkan bahwa Anda memiliki EQ yang tinggi. Namun, jika Anda masih belum memilikinya, bukan berarti Anda tidak bisa mengembangkan EQ Anda, lho. 

Baca Juga: Dari 9 Tipe Kecerdasan Ini, Anda Nomor Berapa?

Sosial Media