06 Okt 2017 17:00

Bila Tak Hati-Hati, Anak Dapat Tertular Penyakit Ini di Sekolah

keluarga kokoh

https://www.cdc.gov

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Penyakit bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Ada beberapa jenis penyakit yang mudah menular. Umumnya, tubuh dapat tertular penyakit di saat kondisi tubuh sedang tidak fit. Tak jarang, penyakit ini menular dari orang yang sering berinteraksi dengan kita. Salah satunya adalah keluarga maupun teman di sekolah. Bila tak dijaga kekebalan tubuhnya, si kecil bisa tertular penyakit ‘langganan’ ini saat di sekolah:

1. Flu

http://meditationmag.com

Anak yang terkena flu dapat dengan mudah menularkan penyakit yang identik dengan bapil (batuk pilek) ke teman-temannya. Virus influenza ini bisa berpindah melalui udara yang dikeluarkan ketika bersin atau batuk. Selain itu benda-benda yang tak sengaja terkena percikan liur saat bersin atau batuk. Bila saat sepulang sekolah si kecil bercerita ada temannya yang memiliki gejala penyakit flu, Anda harus menjaga daya tahan tubuhnya agar tak mengganggu aktifitas di sekolah.

2. Cacar air

https://hellosehat.com

Cacar air ini adalah salah satu penyakit yang hampir pasti pernah diderita oleh manusia. Cacar air merupakan penyakit yang bisa dilihat dengan mata telanjang, karena gejalanya akan muncul bintik-bintik di tubuh. Meski penyakit ini tergolong ringan, dan biasanya tanpa demam, tapi tetap saja menular. Penularannya bisa melalui udara dan pecahnya bintik-bintik pada penderitanya. Biasanya, anak yang terkena cacar air tidak akan diperbolehkan masuk sekolah, namun tak ada salahnya untuk mencegah sebelum terjadi dengan melakukan vaksin cacar air.

Baca Juga: 4 Langkah Menyenangkan Mengenalkan Tugas Rumah ke Anak

3. Sakit mata

http://soamazinglyblessed.blogspot.co.id

Sakit mata mudah sekali menularnya. Satu anak saja yang ada di kelas terkena sakit mata, risiko menularkan ke teman sekelasnya juga tinggi. Penyakit mata biasanya diakibatkan oleh infeksi dari bakteri, jamur atau virus. Gejala dari infeksi mata ini mencakup kemerahan, gatal, bengkak, banyaknya kotoran mata yang keluar (belekan), nyeri dan sakit serta bermasalah dengan penglihatan. Penyakit mata sangat mudah menular lewat semua peralatan yang digunakan dan disentuh oleh penderitanya. Karena virus ini sangat mudah menyebar di udara, sebaiknya penderita sakit mata tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

4. Diare

http://dmatxi.com

Diare pada anak adalah keadaan buang-buang air yang merupakan gejala dari penyakit tertentu atau gangguan lain yang terjadi pada anak. Kasus ini banyak terjadi di beberapa negara berkembang dengan standar hidup yang rendah. Dehidrasi akibat diare merupakan salah satu penyebab kematian pada anak-anak. diare sangat menular. Penularannya terjadi akibat tangan  terkontaminasi virus atau bakteri yang berasal dari kotoran atau muntah penderita. Sering mencuci tangan setelah kontak dengan penderitanya adalah cara efektif untuk mencegah penularan diare.

Baca Juga: Meski Nikah Muda, Pernikahan 5 Selebriti Tetap Langgeng!

 

Sosial Media