05 Okt 2017 19:00

Efektif! Trik Rumah Korea Selatan 4 Kali 5 Meter Ini Bikin Betah

keluarga kokoh

tistory.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Negeri Ginseng, Korea, seakan memiliki magnet tersendiri di dalam berbagai bidang. Sebut saja dalam dunia fashion, make up, hingga industri kreatif Korea memiliki daya tarik yang tidak bisa ditolak. Segala hal yang berbau Korea pun seringkali dianggap menjadi sesuatu yang kekinian dan keren. 

Untuk Anda yang menyukai suasana rumah yang elegan, desain rumah ala Korea bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Desain ala Korea pun menawarkan trik tersendiri dalam mendesain rumah kecil agar tampak jadi lebih menarik. Lalu, seperti apa ya desain interior untuk rumah sempit agar tampak menarik dan nyaman?

1. Gunakan perabot rumah yang fungsional. 

 

decor8.gr

 

Untuk memaksimalkan ruangan yang sempit, Anda bisa menggunakan perabot rumah yang fungsional. Misalnya saja, lemari yang berada di bawah bagian kasur. Alhasil, Anda tidak membutuhkan ruang yang luas untuk meletakkan kasur dan lemari Anda. 

2. Penggunaan cat dinding dengan warna monokrom. 

http://decor8.gr

Jika di Indonesia, Anda akan sering mendapati rumah dengan dinding yang dihiasi wallpaper, di Korea Anda akan lebih banyak mendapati dinding yang hanya dilapisi oleh cat. Warna cat yang dipilih pun cenderung adalah warna monokrom dan netral, misalnya saja hitam, putih, abu-abu, maupun cokelat pastel. Dengan warna dinding netral seperti ini, maka rumah mungil Anda akan tampak lebih luas. 

Baca Juga: Dari 9 Tipe Kecerdasan Ini, Anda Nomor Berapa?

3. Gunakan perabot yang minimalis. 

 

naver.net

 

Agar rumah mungil Anda tampak lebih luas, pilihlah perabot rumah minimalis yang pendek. Pilihlah pula perabot rumah dengan warna netral atau pastel agar rumah Anda terlihat lebih bersih dan elegan. 

4. Manfaatkan lahan terbatas dengan pintu geser. 

 

elliottspourhouse.com

Agar ruangan sempit Anda tetap fungsional, Anda bisa memanfaatkan pintu geser. Anda pun bisa menggunakan pintu geser kaca, misalnya untuk ruang tamu dan ruang keluarga. Sifatnya yang digeser ke samping membuat Anda tidak membutuhkan ruang yang luas. Selain itu, material kaca pada permukaan pintu ini dapat menjadi sirkulasi cahaya yang baik pada siang hari. Tentunya dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran listrik, kan?

5. Lega dan tidak suram di basement.

e-architect.co.uk

Lahan yang sempit adalah permasalahan utama di Korea. Untuk itu, banyak pemilik rumah yang membuat dan memanfaatkan basement sebagai ruang tambahan. Uniknya, walaupun ada di bagian dasar, basement ala Korea tetap memiliki sirkulasi cahaya dan udara yang memadai sehingga terasa lega.

Baca Juga: Kekinian! Pakai Batik Bikin Tampil Cantik dan Elegan

Sosial Media