03 Okt 2017 19:00

Tak Cerdas Berhitung Bukan Bodoh, Ternyata Ada 9 Tipe Kecerdasan Ini

keluarga kokoh

stocksnap.io

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Kecerdasan seringkali identik dengan anak yang memiliki kemampuan berhitung yang hebat, maupun anak yang mampu menghafal dan memiliki daya ingat yang sempurna. Namun sebenarnya, kecerdasan tidak melulu mengenai dua hal tersebut. Ilmu psikologi pun menemukan, bahwa terdapat 9 tipe kecerdasan yang dimiliki manusia. Setiap orang rupanya memiliki 9 kecerdasan ini, namun selalu ada yang paling menonjol di antara kecerdasan-kecerdasan ini. 

Berikut adalah sembilan tipe kecerdasan yang bisa dimiliki oleh seseorang. 

1. Kecerdasan spasial: mampu menggambarkan dunia dalam tiga dimensi. 

mamauk.typepad.com

Dengan kecerdasan spasial, seseorang memiliki kemampuan untuk memperhitungkan jarak, volume, bentuk, detil, pola, warna, serta ciri-ciri fisik dari sebuah objek. Semakin tinggi kecerdasan spasial seseorang, maka ia pun makin mampu menggambarkan sesuatu dalam bentuk tiga dimensi. Misalnya saja dalam pembuatan model bangunan, maket bangunan, maupun peta. 

2. Kecerdasan naturalis: memahami kebutuhan mahluk hidup. 

mygreengardening.com

Kecerdasan ini mampu membuat kita merasakan hal-hal yang berkaitan dengan pertanda alamiah. Selain itu, dengan kecerdasan ini, seseorang pun jadi lebih paham dengan kebutuhan mahluk hidup lain di sekitarnya. Misalnya dalam memahami hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh suatu tumbuhan. 

3. Kecerdasan musikal: mencerna suara dan membedakan tinggi rendahnya nada. 

parkslopetherapist.com

Orang yang memiliki kecerdasan musikal yang tinggi akan mampu membedakan tinggi-rendahnya nada, ritme, dan puncak nada ketika mencerna suatu suara dengan sangat baik. Tidak perlu menjadi penyanyi, Anda dan orang di sekitar Anda pun bisa jadi memiliki kecerdasan ini. Misalnya saja ketika seseorang langsung bisa memahami kunci musik tertentu meskipun baru mendengarkannya sekali. 

4. Kecerdasan matematis: memiliki kemampuan analisa dan metode berhitung. 

bluemaize.net

Kemampuan berhitung, mengkuantifikasi sesuatu hal, membuat hipotesis, dan membuktikannya lewat nalar ilmiah adalah hal-hal yang berhubungan dengan kecerdasan matematis. Kecerdasan inilah yang seringkali membuat seseorang tampak pintar ataupun jenius di sekolah dan kampus. 

Baca Juga: Kekinian! Pakai Batik Bikin Tampil Cantik dan Elegan

5. Kecerdasan eksistensial: menemukan esensi dan alasan filosofis. 

grazia.com.cn

Setiap orang pastinya memiliki kecerdasan ini, yang membedakan adalah seberapa besar kecerdasan ini dimiliki seseorang. Kecerdasan ini biasanya muncul ketika seseorang mulai beranjak dewasa, ketika ia mulai mempertanyakan jati diri dan lingkungan di sekitarnya. 

6. Kecerdasan interpersonal: merasakan emosi orang lain.

 

brit.co

Setiap manusia adalah mahluk yang unik dan spesial. Tiap orang pun memiliki emosi yang berbeda-beda. Dengan kecerdasan interpersonal yang baik, Anda pun akan bisa lebih memahami emosi orang-orang di sekitar Anda. 

7. Kecerdasan kinestetik-jasmani: Mampu menyelaraskan pikiran dan koordinasi gerak anggota tubuh.

picjumbo.com

Kecerdasan kinestetik-jasmani mampu membuat kita memiliki koordinasi gerak tubuh dan pikiran yang baik. Para atlet pun menjadi contoh orang-orang yang memiliki kecerasan kinestetik-jasmani yang baik. 

8. Kecerdasan linguistik: Kemampuan untuk memilih kata yang tepat digunakan dalam berkomunikasi.

dartphotographie.com

Meskipun terlihat mudah, komunikasi bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan sembarangan. Kecerdasan linguistik pun dibutuhkan agar seseorang dapat memilih kata yang tepat ketika berkomunikasi, sehingga pesan yang disampaikan pun bisa diterima dan dimaknai dengan baik. 

9. Kecerdasan intra-personal: Sanggup mengenali kebutuhan diri sendiri.

pixabay.com

Disadari atau tidak, ada beberapa orang yang sanggup mengenali dan mengidentifikasi dirinya sendiri dengan sangat baik. Orang-orang inilah yang memiliki kecerdasan intra-personal yang tinggi. Mereka mampu merasakan apa yang mereka inginkan dan butuhkan. 

Setiap orang memiliki kecerdasannya masing-masing, jadi pastikan jangan sampai Anda berkecil hati karena menganggap diri sebagai orang yang tidak cerdas, ya. Selain itu, pastikan Anda benar-benar mengetahui apa kecerdasan yang menonjol di dalam diri Anda, sehingga Anda pun bisa mengembangkannya dengan lebih maksimal lagi. Dari 9 kecerdasan di atas, Anda termasuk yang mana?

Baca Juga: 7 Ilustrasi ini Membuktikan Bahwa Tidak Ada yang Bisa Mengalahkan Cinta Seorang Ibu!

Sosial Media