30 Sep 2017 17:00

Ini 5 Negara dengan Curah Hujan Tertinggi di Dunia

keluarga kokoh

https://cdn.theatlantic.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Bila di Indonesia, kita pasti sudah tahu mana kota dengan curah hujan tertinggi. Sudah pasti Bogor jawabannya. Dengan intensitas hujan mencapai 3.500-4.00 mm pertahun. Tapi bila dibandingkan dengan 5 negara ini, curah hujan di Bogor hanya sepertiganya. Mana sajakah negara tersebut? Ini informasinya

1. Desa Mawsynram, Meghalaya, India

theatlantic.com

Mawsynram mendapat predikat sebagai tempat terbasah di dunia. Pantas saja, curah hujan tahunan disini mencapai 11.871 mm, sedangkan di Indonesia saja masih pada kisaran 2000-3000 mm/tahun. Letak Mawsynram yang berdekatan dengan Bangladesh dan Teluk Benggala jadi alasan kenapa desa ini menerima curah hujan tinggi. Pekerja di Mawsynram biasanya menggunakan payung yang dibuat dari daun dan bambu untuk melindungi dirinya dari guyangan hujan yang biasa disebut Knups.

2. Cherrapunji, India

https://skymetweather.com

Setelah Mawsynram, Cherrapunji mengekor di belakangnya sebagai negara dengan curah hujan tertinggi yaitu 11.777 mm pertahunnya. Mirisnya, meski menyadang status sebagai tempat terbasah, penduduk Cherrapunji pernah kekurangan air ketika hujan tidak turun sama sekali. Meskipun begitu, Cherrapunji memiliki pesona alam yang luar biasa, yaitu Air Terjun Nohkalikai yang menjadi air terjun tertinggi ke empat di dunia.

Baca Juga: Sebagai Penambah Cita Rasa Masakan, Berbahayakah MSG Bagi Tubuh?

3. Tutunendo, Kolombia, Amerika Selatan

http://cdn.zmescience.com

Di peringkat ketiga diduduki oleh Tutunendo di Kolombia. Diguyur oleh dua musim hujan selama setahun membuat kota yang terletak di Amerika Selatan ini menerima curah hujan rata-rata 11.770 mm pertahunnya.

Baca Juga:

4. Cropp River, Selandia Baru

https://alchetron.com/

Selandia Baru letaknya bersebelahan dengan Australia. Selandia Baru adalah negara kecil, yang ukurannya seperti Britania Raya atau Jepang. Dengan populasi hanya empat juta orang, negara ini termasuk sepi. Tapi ada satu tempat di Selandia Baru yaitu Cropp River yang memiliki curah hujan sebesar 11.516 mm pertahunnya.

5. San Antonio de Ureca, Bioko Island, Equatorial Guinea

https://ourplnt.com

San Antonia de Ureca menjadi tempat terbasah di Afrika dan peringkat ke 5 di seluruh dunia. Musim kering disini hanya berlangsung selama 5 bulan yaitu November sampai Maret. 7 bulan sisanya, San Antonio de Ureca diguyur hujan. Curah hujan disini mencapai 10.450 mm/tahunnya.

Baca Juga: 5 Persiapan Menyambut Datangnya Musim Hujan

 

Sosial Media