29 Sep 2017 17:00

5 Persiapan Menyambut Datangnya Musim Hujan

keluarga kokoh

https://www.thecourier.co.uk

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Musim hujan sudah di depan mata. Beberapa waktu ini, intensitas hujan di beberapa kota di Indonesia memang mulai naik. Meskipun datangnya tak bisa diprediksi, ada baiknya Anda mempersiapkan sejak dini kedatangan musim hujan yang identik dengan penyakit musiman dan banjir.

Ini 5 langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk menyambut datangnya musim hujan:

1. Jaga kesehatan

squarespace.com

Pada musim hujan penyakit seperti flu, demam, diare, dan berbagai penyakit kulit mudah dijumpai. Menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit-penyakit diatas menjadi hal yang mutlak dilakukan. Menjaga pola makan bisa menjadi langkah antisipasi. Perbanyaklah mengonsumsi suplemen agar tak jatuh sakit ketika peralihan musim ini tiba.

2.Cek kembali kondisi rumah

http://www.professortoilet.com/

Bukan hanya fisik yang perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi terjangan cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini, hunian juga perlu untuk di cek kesigapannya. Seperti memeriksa kembali jaringan listrik jangan sampai ada kabel yang terkelupas. Amankan dinding dan atap dari rembesan hujan. Dan saluran air jangan sampai ada yang bocor.

Baca Juga: Tak Diduga! Ini Lho Tahun Tersulit dalam Pernikahan

3. Kelola stress

http://www.carguide.ph

Saat musim hujan, seseorang mudah stres. Misalnya karena terlambat bekerja gara-gara hujan turun. Ketika seseorang stres akan berdampak secara fisiologis. Seperti gelisah, detak jantung meningkat dan mudah letih. Oleh karena itu penting sekali mengelola stres. Dalam buku Psikolog karya Carole Wade dan Carole Tavris, salah satu cara mengelola stres dengan menenangkan diri dengan relaksasi. Relaksasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Caranya dengan membiarkan tubuh menerima ransangan apapun baik berupa suara, bau atau sentuhan yang dapat menenangkan diri.

4. Bersihkan gorong-gorong di sekitar rumah

http://www.popeti.com

Curah hujan yang tinggi menyebabkan semakin meningginya debit air yang ada di got atau selokan di depan rumah. Banyak sampah rumah tangga maupun non rumah tangga yang biasanya menyangkut di dalam saluran air. Penumpukan sampah-sampah ini dapat menyumbat jalannya air hujan yang jatuh ke selokan. Agendakan untuk membersihkan saluran air secara rutin agar tidak tersumbat. Anda juga bisa mengagendakan pembersihan saluran air bersama para tetangga agar lingkungan yang Anda tempati tidak ikut tergenang.

5. Siapkan penerangan cadangan

http://tenrandomfacts.com

Siapkan alat penerangan alternatif seperti senter dan lilin karena di musim hujan ada potensi pemadaman listrik. Entah karena ada pohon tumbang yang menimpa kabel listrik, tersambar petir maupun perbaikan. Pemadaman ini biasanya memakan waktu yang cukup lama. Pastikan untuk menyediakan alat penerangan dalam jumlah yang cukup.

Baca Juga: Sebagai Penambah Cita Rasa Masakan, Berbahayakah MSG Bagi Tubuh?

 

Sosial Media