28 Sep 2017 17:00

Tanpa Disadari, 5 Kombinasi Makanan Ini Bahaya Bagi Kesehatan !

keluarga kokoh

brightside.me

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Asal kenyang, asal perut terisi kerap jadi alibi bagi mereka yang makan tanpa memperhatikan unsur kesehatan. Padahal, bila salah memilih kombinasi, alih-alih kenyang justru penyakit yang didapat. Berikut ini beberapa kombinasi makanan yang berdampak kurang baik bagi kesehatan.

1. Sandwich dan Kopi

Brightside.me

Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menyantap sandwich dan segelas kopi, bagi mereka yang tak sempat memasak saat pagi. Tapi sebenarnya mengkonsumsi keduanya di waktu yang bersamaan bukanlah hal yang tepat. Pasalnya, kandungan karbohidrat sederhana pada roti mencegah kalsium dicerna dengan sempurna. Apalagi bila ditambahkan kopi, tak akan ada manfaat yang terserap dalam tubuh. Sebagai pengganti kopi, Anda bisa menyeduh segelas teh hijau atau susu sebagai penyempurna pagi.

2. Tomat dan timun

Brightside.me

Tomat dan timun merupakan duel sayuran favorit untuk salad. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa, menggabungkan kedua sayuran ini dapat mengganggu jalur biokimia tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kalsinasi dan vitamin yang terkandung dalam kedua sayuran tidak akan dicerna dengan benar. Mulai sekarang, konsumsi tomat dan timun secara terpisah.

Baca Juga: Sebagai Penambah Cita Rasa Masakan, Berbahayakah MSG Bagi Tubuh?

3. Kentang dan daging

brightside.me

Kentang dan daging adalah perpaduan ciamik yang biasanya ada dalam sebuah steak. Tapi tahukah Anda bila kentang dan daging merupakan kombinasi makanan berat. Kentang mengandung karbohidrat, dan protein pada daging bila dikonsumsi bersamaan dapat mengakibatkan mulas, sendawa, dan perut bergas. Sebagai teman makan daging, Anda bisa memilih asparagus, brokoli, dan bunga kol misalnya.

4. Susu dan nanas

brightside.me

Buah nanas terkenal akan rasa asamnya dapat membuat pencernaan Anda bekerja lebih lambat, terutama di pagi hari. Selain itu, nanas mengandung bromelain, enzim kompleks yang dapat menyebabkan keracunan bila dikombinasikan dengan produk susu.

5. Susu dan pisang

brightside.me

Pasangan makanan ini menjadi pilihan populer pada pengikut gaya hidup sehat karena bergizi dan bisa dikonsumsi secara singkat. Namun, beberapa ahli gizi percaya bahwa buah-buahan, terutama yang manis, harus dikonsumsi secara terpisah. Mereka mengendap di dalam tubuh lebih lama, memperlambat sistem pencernaan, terutama saat dimakan dengan makanan lain. Sedangkan untuk susu, juga lebih sehat meminumnya secara terpisah. Anda bisa memakan pisang sebagai makanan ringan di antara makanan utama.

Baca Juga: Menarik! Ini Deretan Pantai di Madura yang Cocok untuk Liburan

 

Sosial Media