25 Sep 2017 17:00

Agar Smartphone Panjang Umur, Hindari Melakukan 5 Hal Ini

keluarga kokoh
SHARE:

Oleh: Tya Achni

Smartphone kini jadi barang wajib yang dimiliki. Selain sebagai kebutuhan untuk berkomunikasi, smartphone juga jadi incaran karena fitur lain seperti kamera dan kemampuan gamingnya. Makin tinggi speknya, makin selangit pula harga yang dibanderol. Anda tentu tak mau uang terbuang sia-sia karena tak bisa merawat smartphoe kan? Ini 5 tipsnya agar smartphone panjang umur !

1. Tidak memberikan pelindung eksternal

dudeiwantthat.com

Jika ingin gadget kesayangan panjang umur, berikanlah casing pada body dan anti gores pada layar. Bila Anda adalah tipe orang yang sering menjatuhkan smartphone, pilihlah hard case. Tapi bila tak mau ribet, pilih soft case saja. Meskipun kini smartphone sudah dilindungi Gorilla Glass, tambahan anti gores tetap diperlukan.

2. Menginstall aplikasi secara serampangan

http://searchengineland.com

banyak dari kita yang memasang aplikasi tanpa memperhatikan kapasitas ponsel yang dimiliki. Akibatnya, performa smartphone jadi menurun, dan berdampak pada baterai yang cepat habis. Sebelum mengunduh aplikasi, pastikan memori dan spesifikasinya mumpuni. Anda juga bisa menyimak review yang diberikan pengguna sebelumnya.

Baca Juga: Deretan Pantai yang Eksotik di Madura. Cocok untuk Liburan Akhir Pekan !

3. Jarang ‘bersih-bersih’ smartphone

googleusercontent.com

Terlihat sederhana sebenarnya, namun kenyataannya masih banyak dari pengguna smartphone yang malas membersihkan gadgetnya baik software maupun hardwarenya. Jika dibiarkan, debu yang menempel akan menumpuk dan dapat mengakibatkan kerusakan komponen. Selain itu juga bersihkan smartphone dari file sampah. Anda bisa mengoptimalkan RAM dan storage menggunakan aplikasi bawaan atau 3rd-party seperti Clean Master.

4. Membawa smartphone ke tempat yang tidak pada tempatnya

huffingtonpost.com

Ke kamar mandi misalnya. Berapa banyak kasus kecelakaan yang dijumpai karena menjatuhkan smartphone ke dalam toilet? Berapa banyak pula kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena penggunaan smartphone di kendaraan? Bila ingin smartphone awet, hindari membawa dan menggunakannya di tempat yang tidak lazim.

5. Menggunakannya tanpa kenal waktu

https://tctechcrunch2011.files.wordpress.com

Seringnya kita lupa memberikan waktu agar smartphone bisa beristirahat. Padahal kita menggunakannya selama seharian, mulai dari bangun hingga menjelang tidur. Jangan paksa smartphone untuk bekerja terus menerus bila tak ingin komponennya panas dan menurunkan performanya. Istirahatkan smartphone pada jam tertentu, saat tidur di malam hari misalnya.

Baca Juga: Di Negara Ini, Anda Tak Boleh Mengambil Objek Foto Sembarangan

 

 

Sosial Media