24 Sep 2017 19:00

Mengejutkan! Ternyata Media Sosial Bikin Kehidupan Nyata Tak Bahagia

keluarga kokoh

lifewire.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Siapa yang tidak pernah mengakses media sosial? Tentu hampir semua dari kita pernah mengaksesnya. Seringkali, media sosial dianggap sebagai hal yang positif karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Namun jangan dilupakan, sebenarnya media sosial juga memilki pengaruh yang buruk lho, apabila tidak digunakan dengan bijak! Berikut adalah alasan kenapa sebenarnya media sosial bisa membuat hidup Anda semakin buruk. 

Media sosial sebenarnya membuat kita iri terhadap orang lain. 

youtube.com/channel/UCQ0gG42bXPBi7yHx9UJyexQ

Penelitian dari Kasperksy Lab yang dilakukan pada 16.750 orang mengungkapkan bahwa sebenarnya media sosial membuat kita iri dengan kehidupan orang lain. Banyak orang yang menganggap bahwa kehidupan orang lain terlihat lebih indah dari mereka hanya karena mereka tampak di media sosial. Padahal, kenyataannya belum tentu demikian. Tidak semua orang yang tampak bahagia di media sosial benar-benar memiliki hidup yang bahagia. 

Banyak orang pun berlomba-lomba tampil di media sosial.

freemagebank.com

Tidak sedikit orang yang berusaha untuk tampil bahagia dan keren di media sosialnya hanya untuk mendapat pujian dari orang lain. Padahal apa yang tampak indah di media sosial mereka rupanya belum tentu benar-benar terjadi di kehidupan. Orang-orang pun berlomba-lomba eksis di media sosial, sementara mereka tanpa sadar justru melupakan kehidupan nyata yang mereka miliki.

Baca Juga: Romantis! Foto 4 Pasangan ini Jadi Bukti Kalau Jodoh Tak Kemana

Kita pun lupa dengan lingkungan sekitar kita. 

pixabay.com

Sebuah penelitian dari Kasperksy Lab membuktikan bahwa rupanya, media sosial rupanya membuat banyak orang lebih sedikit bertemu dengan orang lain secara langsung karena mereka lebih asyik berkomunikasi di dalam media sosial. Para pengguna media sosial pun 31% lebih jarang berkomunikasi dengan orangtuanya, 23% lebih jarang dengan pasangan, dan 35% lebih jarang berkomunikasi dengan teman. 

Media sosial dapat menghancurkan produktivitas Anda. 

pixabay.com

Selain itu, media sosial dapat mengganggu produktivitas Anda. Disadari atau tidak, media sosial menyita banyak dari waktu Anda setiap harinya. Bahkan di saat Anda bekerja pun, Anda akan sering tergoda untuk menggunakan sosial media. 

Untuk menghindari efek buruk media sosial di atas, tentunya Anda harus dapat menggunakan media sosial dengan bijak. Pastikan bahwa Anda menggunakan media sosial benar-benar untuk sesuatu yang positif dan produktif, misalnya saja untuk berbisnis online, maupun untuk menjalin hubungan kembali dengan teman lama. Jangan sampai karena media sosial, kehidupan Anda malah menjadi lebih buruk, ya. 

Baca Juga: Buat yang Ingin Cepat Nikah, Ini Trik Nabung Walau Gaji Rp 3 Jutaan!

Sosial Media