24 Sep 2017 19:00

Jangan Remehkan! Ternyata Tukang Bangunan Tak Lagi Gaptek!

keluarga kokoh

bengkellas.org

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Rumah dan bangunan konstruksi merupakan hal-hal yang selalu berada di sekitar kita. Bangunan-bangunan ini pun menjadi tempat kita melakukan beragam aktivitas, misalnya saja bekerja, berbelanja, hingga beristirahat. Namun sadarkah Anda bahwa para pekerja konstruksi alias tukang merupakan orang yang berjasa pada bangunan-bangunan yang kita gunakan ini?

Pemerintah Indonesia pun sebenarnya telah menunjukkan kepeduliannya terhadap para pekerja jasa konstruksi, yaitu dengan adanya UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Dalam kebijakan ini, dibahas pula mengenai perlindungan hak-hak para tukang, seperti keselamatan, kesehatan, hingga jaminan sosial tenaga kerja. Lalu kira-kira, bagaimana sih peran tukang sebenarnya dalam kehidupan kita?

1. Tanpa Tukang, Tak Ada Bangunan yang Menjulang Tinggi di Sekitar Kita. 

bengkellas.org

Kita tentu sering beranggapan bahwa rumah dan bangunan yang ada di sekitar kita merupakan hasil dari jerih payah para kontraktor maupun arsitek. Namun sadarkah Anda, bahwa tanpa tukang, segala rancangan arsitek dan kontraktor tidak akan menjadi bangunan nyata? Meskipun tampak ringan, pekerjaan tukang bukanlah hal yang mudah. 

2. Tukang Sangat Menguasai Kemampuan dalam Membuat Konstruksi yang Baik. 

info.kulonprogo.bi

Meskipun hampir semua tukang tidak memiliki bekal pendidikan formal mengenai konstruksi bangunan, namun kemampuan mereka dalam membangun sebuah bangunan konstruksi tidak bisa diragukan. Dengan kemampuan yang mereka peroleh dari pengalaman dan belajar secara otodidak, mereka pun dapat memberikan Anda hasil konstruksi yang kini Anda nikmati, yaitu rumah dan bangunan yang Anda gunakan dalam beraktivitas. 

3. Penggunaan Gadget yang Sudah Meningkat. 

jagobangunan.com

Kini, penggunaan gadget pun semakin meningkat, tak terkecuali bagi para tukang, lho. Meskipun jumlahnya masih belum terlalu banyak, namun rupanya telah banyak tukang yang menggunakan gadget dalam kegiatan harian mereka.

Baca Juga: Semen Gresik Terpilih sebagai 100 Living Legend Companies and Brands Versi Majalah SWA

4. Tergabung di Komunitas Jago Bangunan.

 

bisniskokoh.com

 

Para tukang bangunan juga sudah mulai tergabung dengan komunitas online untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan yang menunjang pekerjaannya. Komunitas online ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para tukang. Selain itu, lewat portal jagobangunan.com, para tukang bangunan dapat mengikuti anek program berhadiah yang dipersembahkan oleh PT. Semen Gresik

5. Menggunakan Fitur Tanya Pak Jago dan Jago Hitung di Portal Jago Bangunan. 

jagobangunan.com

Fitur Tanya Pak JAGO merupakan layanan konsultasi online gratis dengan Pak JAGO tentang desain dan konstruksi bangunan, agar para tukang bangunan semakin memahami pentingnya kualitas dari hasil pekerjaan mereka. Sedangkan fitur Jago Hitung adalah cara cepat dan mudah menghitung anggaran biaya bangunan. Fitur ini sangat mudah dipergunakan, sehingga dapat menjadi andalan para pemborong maupun tukang pada umumnya.

Semen Gresik pun telah menunjukkan kepeduliannya terhadap para pekerja konstruksi di Indonesia. Hal ini pun dibuktikan dengan adanya portal jagobangunan.com yang ditujukan untuk para tukang di Indonesia. Dalam portal ini, para tukang bisa memperoleh berbagai informasi yang berkaitan dengan pekerjaan konstruksi yang sedang mereka jalani.

Baca Juga: Bukan Mimpi! 7 Cara Ini Bikin Gaji 3 Jutaan Bisa Beli Rumah

Sosial Media