23 Sep 2017 19:00

Bukan Mimpi! 7 Cara Ini Bikin Gaji 3 Jutaan Bisa Beli Rumah

keluarga kokoh

futuready.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Rumah menjadi hal yang penting bagi setiap keluarga. Namun harga tanah yang makin melonjak tiap tahunnya membuat banyak orang kesulitan dalam membeli rumah. Bagi yang memiliki pendapatan 3 juta Rupiah, membeli rumah pun tampaknya menjadi hal yang mustahil. Tapi jangan khawatir, sebenarnya Anda bisa kok beli rumah meski gaji hanya 3 juta-an!

1. Buat perencanaan keuangan, taati dengan baik. 

pexels.com

Anda harus dapat membuat perencanaan keuangan dengan baik. Tentukanlah pos-pos tertentu dengan jumlah biaya yang akan Anda keluarkan. Misalnya, 750 ribu untuk uang makan, 300 ribu untuk transport, 200 ribu untuk keperluan bulanan, dan lain sebagainya. Semakin Anda bisa mengontrol pengeluaran, maka semakin cepat pula uang Anda akan tertabung. 

2. Ikuti investasi kecil-kecilan yang jelas dan halal. 

pixabay.com

Investasi menjadi salah satu cara agar Anda dapat menabung dengan jumlah lebih banyak. Namun pastikan bahwa investasi yang Anda pilih adalah investasi yang jelas dan terpercaya. Hindari pula MLM karena dapat berbahaya untuk Anda.

3. Membeli emas untuk investasi.

infokantorpos.com

Harga emas akan cenderung naik dari waktu ke waktu. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk berinvestasi emas. Ada kok, emas yang bobotnya 1 gram. Sedikit demi sedikit jadi bukit, kan?

Baca Juga: Buat yang Ingin Cepat Nikah, Ini Trik Nabung Walau Gaji Rp 3 Jutaan!

4. Simpan dan menabung di hari H gajian.

blog.bukalapak.com

Jangan sampai Anda menabung seminggu atau bahkan sebulan setelah gajian, karena kemungkinan gaji Anda akan habis. Untuk itu, langsung simpan gaji Anda di hari H ketika Anda mendapatkan gaji.

5. Sisihkan uang tiap bulan.

ibudanbalita.com

Jika Anda telah berkomitmen untuk menyimpan 500 ribu dalam sebulan, maka taatilah. Ini janji Anda pada diri sendiri, jangan Anda langgar. Tetap berusahalah sedemikian mungkin untuk dispilin dan taat pada janji yang telah Anda buat pada diri sendiri. 

6. Membuka rekening tabungan baru khusus menabung.

flipwallstreet.com

Agar tidak terpakai, bukalah rekening baru yang dikhususkan untuk menabung. Hal ini agar menghindari uang terpakai untuk berbagai keperluan dan keinginan Anda. 

7. Tetapkan lembaran uang tertentu yang harus ditabung.

halomoney.co.id

Misalnya, setiap Anda memiliki uang 5 ribu rupiah,  maka tabunglah uang tersebut. Lama kelamaan, tanpa terasa, uang tabungan Anda akan bertambah dengan sendirinya!

Baca Juga: Tidak Bikin Bokek, Ini Cara Unik Rayakan Anniversary dengan Pasangan!

Sosial Media