22 Sep 2017 17:00

Kebiasaan Mengkonsumsi Suplemen, Sehatkah?

keluarga kokoh

cloudfront.net

SHARE:

Oleh: Tya Achni

“Suplemen hanyalah asupan tambahan yang berfungsi untuk melengkapi kekurangan asupan dalam tubuh”, kata Letkol (Laut) Kesehatan Wanita, Widyawati M. Kes. dari RSAL Dr. Ramelan Surabaya. Bila vitamin dan mineral yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi setiap hari sudah cukup, sebenarnya tambahan suplemen tidak diperlukan lagi. Namun mengkonsumsi suplemen ini seolah menjadi kebiasaan, sebenarnya bagaimana suplemen ini dapat dikonsumsi? Ini penjelasannya

1. Suplemen hanyalah asupan tambahan

squarespace.com

Kandungan suplemen seperti vitamin dan mineral berfungsi untuk melengkapi kekurangan yang ada dalam tubuh. Apapun kehebatan suplemen, tidak ada yang bisa menggantikan nilai-nilai alami dalam tubuh kita. Semakin lengkap kandungan gizi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, itu sudah cukup untuk memenuhi standar kebutuhan tubuh.

Baca Juga: Ternyata! Posisi Tidur Mencerminkan Kepribadian Anda Sesungguhnya

2. Konsumsi saat kondisi tubuh sedang menurun

consumerreports.org

Pada wanita hamil dan menyusui misalnya, memang memerlukan suplemen untuk tubuh. Tapi meski mengkonsumsi suplemen, makan makanan yang memenuhi gizi sempurna tetap yang utama. Sebab, selamin makanan memenuhi nutrisi utama, juga mengandung antioksidan, mineral, dan sebagainya.

3. Apakah suplemen yang Anda konsumsi kini bisa memenuhi asupan gizi dalam tubuh?

http://www.strengthsensei.com

Makanan yang kita konsumsi, memiliki nilai gizi yang mencakup semuanya. Bukan seperti suplemen yang hanya mengandung satu kebutuhan, misal vitamin atau mineral, bahkan karbohidrat saja. Padahal yang tubuh butuhkan bermacam-macam. Meskipun kini berbondong-bondong para ahli meracik suplemen yang memiliki beberapa kandungan di dalamnya, bukankah yang alami tetap yang utama?

Baca Juga: Di Tengah Padatnya Aktifitas, Konsumsi 6 Makanan Ini yang Awet di Perut

 

Sosial Media