19 Sep 2017 19:00

Awas! 5 Sikap Ini Justru Membuat Anak Makin Bandel

keluarga kokoh

hellosehat.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Membesarkan anak bukanlah perkara yang mudah. Selain harus menjaga kesehatan fisik, orangtua pun juga harus memperhatikan tumbuh kembang psikis dari anak. Namun pada kenyataannya, banyak orangtua yang mengeluhkan anaknya yang nakal dan bandel. Tak sedikit dari mereka yang menganggap bahwa itu adalah kesalahan dari anak itu sendiri. 

Padahal, bisa jadi anak bandel karena 5 sikap Anda ini, lho. 

1. Memberikan predikat 'nakal' pada anak.

 

edition.cnn.com

Anak tentunya akan bersikap nakal sesekali. Sebenarnya hal ini adalah hal yang wajar, asalkan tidak berlebihan dan dalam porsi yang tepat. Jangan sampai, karena melakukan satu kenakalan, Anda malah memberikan predikat 'nakal' pada anak sendiri. Tanpa sadar, hal ini akan merasuk pada alam bawah sadar anak, sehingga di dalam dirinya akan tertanam bahwa ia adalah anak nakal. Dengan demikian, bukannya menjadi baik, anak malah akan melakukan hal-hal nakal lainnya, karena ia telah memiliki konsep bahwa ia adalah anak nakal. 

2. Lebih menekankan pada hal buruk daripada hal baik. 

parenting.com

Menggunakan kata 'jangan' pada anak sebenarnya lebih akan memberikan efek negatif daripada positif. Selain itu, kata 'jangan' juga membuat anak menjadi penasaran akan suatu hal. Untuk itu, Anda sebaiknya menggunakan kata-kata positif. Daripada berkata pada anak 'jangan nakal', lebih baik Anda menggunakan kata 'anak baik' pada anak. Hal buruk bisa jadi tertanam pada diri anak dan membuat anak semakin bandel. 

3. Tidak dapat menjadi contoh yang baik. 

ph.theasianparent.com

Orangtua yang baik seharusnya tidak hanya sekadar memerintah, melainkan harus dapat memberi contoh nyata yang baik bagi anak. Misalnya, Anda memerintah anak agar tidak berbohong, padahal Anda sendiri berbohong. Ajaran Anda pada anak tentu tidak akan efektif. Seharunya, Anda bisa menjadi contoh nyata mengenai berbagai ajaran yang Anda berikan pada anak. 

Baca Juga: Romantis! Kakek Ini Habiskan Hidup untuk Menghibur Istrinya yang Buta dan Depresi

4. Bersikap mengancam dan membentak anak. 

ph.theasianparent.com

Tak jarang, orangtua mengancam dan membentak anak ketika berbuat sebuah kesalahan atau kenakalan. Jika berlebihan, hal ini sebenarnya dapat membuat anak semakin nakal. Mereka justru tidak bisa melihat Anda sebagai teman, dan pada akhirnya ia tidak akan bercerita kepada Anda. Padahal penting bagi anak untuk menjadikan orangtuanya teman, agar orangtua selalu tahu apa yang terjadi pada anak. 

5. Tidak memberikan penjelasan yang jelas pada anak. 

bewiser.ie

Jika Anda sering melarang anak melakukan sesuatu hal tanpa alasan, bisa jadi ini yang menjadikan anak tidak menurut dan nakal. Mereka tidak paham mengapa Anda melarang dan bisa jadi mereka semakin penasaran dan berpikir bahwa Anda mengekang. Hal ini pun bisa membuat anak semakin nakal. Untuk itu, pastikan dalam setiap larangan maupun nasihat, Anda memberikan penjelasan mengapa hal itu tidak boleh atau harus dilakukan. 

Jika Anda memiliki anak yang bandel, jangan jatuhkan semua kesalahan itu pada anak, ya. Bisa jadi, kenakalan anak muncul karena sikap buruk orangtua. 

Baca Juga: Punya Pasangan Pria yang Lebih Muda? Ini 7 Keuntungannya

Sosial Media