18 Sep 2017 17:00

Kenali 6 Simbol Segitiga Pengaman yang Biasanya ada di Kemasan Plastik Ini !

keluarga kokoh

http://assets.inhabitat.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Bila Anda jeli, tentu Anda akan mendapati tanda segitiga dengan tanda panah putus-putus bertuliskan angka didalamnya. Ternyata angka dari 1-6 ini menjelaskan bahan baku pembuatan kemasan plastik tersebut. ada beberapa kemasan yang baik bila dipakai terus menerus, ada pula yang sebaliknya. Semakin sering digunakan ulang, akan semakin berdampak bahaya bagi kesehatan. Yuk kenali 6 simbol segitiga ini !

1. Kode 1 dengan PET atau PETE

https://recycling-map.ch

Bila membeli air minum dalam kemasan, Anda bisa melihat label segitiga dengan angka 1 di dalamnya. PET atau PETE merupakan kepanjangan dari Polyethylene terephthalate, umum dipakai pada botol plastik transparan. Botol plastik berlabel PET atau PETE ini aman digunakan, namun penggunaannya terbatas yaitu hanya satu kali pemakaian. Usahakan untuk tidak menggunakan ulang dengan cara diisi ulang ya, karena kandungan PETE bisa luntur dan larut dalam minuman.

2. Kode 2 dengan HDPE atau PE-HD

https://matterchatter.files.wordpress.com

High-density Polyethylene merupakan kepanjangan dari HDPE atau PE-HD. Botol atau kemasan plastik yang memiliki kode ini memiliki ketahanan kimia yang baik, bahan yang lebih kuat, keras, dan tahan terhadap suhu tinggi. Kemasan plastik seperti galon minum, shampoo, deterjen, oli, adalah beberapa contohnya. Karena memiliki ketahanan yang lebih baik daripada PETE, HDPE aman digunakan lebih dari sekali.

3. Kode 3 dengan PVC atau V

https://www.indiamart.com

Kode 3 ini merupakan jenis plastik yang paling susah didaur ulang. Menurut jenisnya, PVC dibagi menjadi dua yaitu PVC Fleksibel dan PVC Kaku. PVC Fleksibel umumnya digunakan pada tas medis, dan plastik gulung untuk membungkus. Pada PVC kaku, dibuat sebagai bahan baku seperti pipa. PVC dapat menyebabkan kanker, sehingga tidak diperbolehkan sebagai bahan pembuatan kemasan makanan dan minuman.

Baca Juga: 6 Hal yang Tidak Seharusnya Anda Lakukan di Dalam Pesawat

4. Kode 4 dengan LDPE atau PE-LD

http://surfaceid.com/

Kemasan dengan kode LDPE atau PE-LD ini sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas di dalamnya. Sehingga kode 4 ini digunakan sebagai pembungkus pakaian, roti, produk segar, cling wrap, pelapis kertas karton susu, dan mainan. Plastik yang terbuat dari Low Density Polyethylene ini termasuk yang sulit dihancurkan dan baik digunakan untuk bahan bersifat asam dan basa.

5. Kode 5 dengan PP

http://fosimpe.com

Jenis kemasan berbahan Polypropylene ini kerap dipakai untuk tempat menyimpan makanan, botol minum, botol minuman bayi, wadah yogurt dan margarin, botol obat, dan sirup. PP merupakan jenis plastik yang terbaik dan sangat aman untuk digunakan sebagai tempat makanan dan minuman. Kemasan berkode 5 ini memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu tinggi dan tampilannya yang cukup mengkilap.

6. Kode 6 dengan PS

http://fosimpe.com

Kemasan berkode PS dengan kepanjangan Polystyrene ini sangat mudah sekali ditemui dimana saja. Ya ! Styrofoam yang biasa dipakai sebagai tempat makan sekali pakai ini berbahan dasar Polystyrene. Menggunakan pembungkus dengan kemasan plastik berkode ini sebaiknya dihindari karena berbahaya bagi kesehatan dan sulit didaur ulang.

Baca Juga: Praktis ! Ini 5 Menu Sarapan yang Bisa Dibuat Kurang Dari 10 Menit

 

Sosial Media