16 Sep 2017 17:00

6 Hal yang Tidak Seharusnya Anda Lakukan di Dalam Pesawat

keluarga kokoh

foxnews.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Pesawat terbang kini jadi sarana transportasi yang paling banyak dipilih karena dapat menempuh perjalanan jauh dalam waktu singkat. Namun Anda tidak bisa bertindak tidak berhati-hati saat di udara, karena bagaimanapun, keselamatan dan kenyamanan Anda yang utama. Ini 6 hal yang tidak direkomendasikan untuk Anda lakukan di dalam pesawat

1. Memakai lensa kontak

http://seedrjudd.com

Apabila Anda memiliki keterbatasan pada penglihatan, dan memakai lensa kontak agar dapat melihat dengan baik. Lensa kontak kerap dianggap lebih praktis digunakan saat bepergian. Namun ternyata tidak disarankan untuk memakai lensa kontak saat dalam penerbangan. Hal ini dapat membuat mata jadi kering, terutama ketika penerbangan panjang. Ketika harus memakai lensa kontak, jangan lupa untuk membawa cairannya. Atau Anda bisa memakai kacamata saja saat on board.

2. Menyumbat telinga

https://www.thesun.co.uk

Perbedaan tekanan udara yang terjadi kerap membuat telinga tiba-tiba terasa sakit atau berdenging. Anda tidak bisa mencegah rasa ini dengan menyumbat telinga saja. Tapi Anda bisa meminimalisirnya dengan mengunyah permen karet atau minum air putih. Selain itu gerakan membuka-tutup mulut Anda sekali waktu.

Baca Juga: Mau Punya Rumah Sendiri Sebelum Menikah? Ini Rahasianya

3. Duduk diam dalam jangka waktu yang lama

https://brightside.me/

selama terbang, tekanan darah akan cenderung melambat, dan duduk terdiam tanpa bergerak sedikitpun dapat berbahaya. Jika menempuh perjalanan panjang, Anda bisa berjalan-jalan di area kabin pesawat untuk menyegarkan otot-otot tubuh. Hindari memakai pakaian yang dapat membatasi ruang gerak Anda.

4. Duduk di kursi belakang jika mabuk udara

https://brightside.me/

peraturan jangan duduk di kursi belakang bila mabuk perjalanan juga berlaku di pesawat. Bila Anda adalah tipe orang yang mudah mual saat perjalanan, pilihlah tempat duduk yang ada di depan atau berdekatan dengan sayap pesawat. Agar perjalanan makin nyaman, hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat membuat Anda mual ketika perjalanan seperti gorengan atau alkohol.

5. Menyentuh objek di sekitar tanpa alasan

https://brightside.me/

Pesawat bisa menjadi rumah yang nyaman untuk bakteri dan kuman. Anda tidak pernah tahu apa yang penumpang sebelumnya lakukan di kursi yang Anda duduki sekarang. Selalu bawa hand sanitizer untuk mengantisipasi bakteri tidak berpindah ke tubuh Anda.

6. Bermain smartphone

https://brightside.me/

Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang melakukan: Pengoperasian peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan." Demikian bunyi pasal 54 butir (f) dalam Undang-undang RI Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.  Penggunaan gadget di pesawat dapat mengacaukan sistem navigasi yang mengandalkan frekuensi. Bila Anda masih tetap ingin bermain ponsel di pesawat, Anda bisa merubahnya ke flight mode.

Baca Juga: 4 Siasat Ini Bebaskan Rumah Anda dari Serangan Serangga

 

Sosial Media