15 Sep 2017 17:00

Mau Punya Rumah Sendiri Sebelum Menikah? Ini Rahasianya

keluarga kokoh

https://www.pexels.com/

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Memiliki rumah sendiri adalah impian bagi pasangan yang sudah berumah tangga. Namun nyatanya, impian ini tak banyak terwujud oleh beberapa pasangan. Mengontrak atau tinggal di Pondok Mertua Indah setelah menikah jadi pilihan. Tapi bagi Anda yang ingin punya rumah sendiri sebelum menikah, ini rahasianya

1. Mau bangun sendiri rumah, beli jadi, atau beli second?

pexels.com

Ini harus ditetapkan di awal, Anda mau membangun rumah sendiri, beli yang sudah jadi, atau beli second? Semuanya memiliki keuntungan dan kelebihan masing-masing. Bila ingin irit, Anda bisa membeli rumah second dengan harga yang cukup terjangkau lalu merenovasinya perlahan-lahan. Perumahan baru kini juga memiliki harga yang cukup kompetitif dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Bila Anda cukup jeli, pemerintah juga memiliki program KPR bersubsidi. Mau yang mana?

2. Survei lokasi calon rumah

pexels.com

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, Anda harus terlebih dahulu mencari lokasi calon rumah. Harga rumah di tengah kota tentu berbeda dengan yang ada di pinggiran kota, perbedaanya bisa mencapai setengahnya. Meskipun kelihatannya sepi saat ini, tapi dalam beberapa tahun ke depan daerah pinggiran akan jadi pusat keramaian.

Baca Juga: Musim Kemarau Tiba, Antisipasi dengan 6 Tips Jitu Ini

3. Perkirakan harga rumah yang akan dibeli

pexels.com

Mulai dari sekarang, Anda harus bisa memperkirakan berapa budget yang dimiliki untuk membeli sebuah rumah tinggal. Bila berencana untuk memiliki rumah dalam 2 tahun ke depan, siapkan dana yang lebih besar dari harga pasaran saat ini. Perlu diingat, harga properti terus meningkat tiap tahunnya. Tiap tahunnya, rata-rata kenaikannya sebesar 15-20 %.

4. Menabung, menabung, dan menabung

http://shbabbek.com

Untuk memiliki rumah idaman, tentu harus memiliki kecukupan finansial. Hal ini bisa dipersiapkan mulai sekarang dengan cara menabung. Siapkan tabungan dengan nominal khusus tiap bulannya, dan hanya bisa diambil pada waktu yang sudah disepakati, 2 tahun lagi misalnya. Beberapa bank juga memiliki program pembiayaan yang berbeda, jadi Anda harus cermat. Uang yang Anda tabung ini bisa digunakan sebagai DP (down payment) calon hunian. Bila bernyali, alokasikan 30% dari pemasukan untuk ditabung. Berani?

Baca Juga: 4 Siasat Ini Bebaskan Rumah Anda dari Serangan Serangga

 

Sosial Media