14 Sep 2017 17:00

4 Siasat Ini Bebaskan Rumah Anda dari Serangan Serangga

keluarga kokoh

http://www.thefinder.com.sg

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Rumah yang bersih tentu idaman semua orang. Rumah yang nyaman, akan membuat penghuninya nyaman pula. Lain halnya bila rumah yang berantakan, sampah berserakan dimana-mana, belum lagi serangga bebas melenggang didalamnya. Jangankan tamu, penghuni saja bakal merasa ogah di dalam rumah berlama-lama. Tak jarang, serangga seperti semut, kecoak, dan lalat jadi primadona di rumah.

Rumah yang ditinggalkan dalam jangka waktu lama, biasanya akan dijadikan rumah singgah sementara oleh serangga selagi penghuninya keluar. Sebelum meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama, jangan lupa untuk memastikan 4 hal ini sudah dilakukan !

1. Keluarkan semua sampah dari dalam rumah

https://www.lowes.com

Bersihkan bak sampah di dalam rumah. Jangan meninggalkan sisa kotoran sedikitpun yang menempel di bak sampah. Agar tidak meninggalkan bau dan tidak mengundang kerumunan tikus, kecoa, dan lalat. Bila perlu, taruh bak sampah di luar rumah dalam kondisi bersih juga.

2. Sudah bersih kah langit-langit rumah?

http://www.scheendijk.com

Bersihkan pula langit-langit rumah. Bila ditinggalkan dalam waktu agak lama, langit rumah kerap menjadi sarang laba-laba dan berdebu. Cukup menyulitkan bila Anda menunda membersihkannya hingga balik dari mudik.

Baca Juga: Kenali 5 Tipe Kawan yang Hanya Membawa Dampak Buruk Bagi Hidup Anda

3. Tutupi semua perabotan di rumah

http://cdn.decoist.com

Amankan furnitur dan perabotan rumah hingga barang elektronik dari jarahan debu dan serangga. Tutup menggunakan plastik atau kain, agar debu, kutu, dan bakteri dari luar, tidak bisa merusak perabotan rumah Anda.

4. Jangan biarkan satu sudut pun jadi sarang serangga

http://i.epochtimes.com

Kosongkan bak mandi Anda. Jangan tinggalkan air dan kelembaban kamar mandi yang bisa memicu tersebarnya jentik yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan penghuni rumah. Jangan pula meninggalkan sedikitpun kotoran di lantai. Kotoran kecil di lantai bisa mengundang semut, kecoa, dan akhirnya membikin sarang di sudut rumah. Anda tentu sudah tahu kan, kalau serangga ini sudah membuat gunungan rumah, akan menyulitkan kita sendiri saat dibersihkan.

Baca Juga: Musim Kemarau Tiba, Antisipasi dengan 6 Tips Jitu Ini

 

Sosial Media