13 Sep 2017 17:00

Musim Kemarau Tiba, Antisipasi dengan 6 Tips Jitu Ini

keluarga kokoh

https://drimanfirmansyah.files.wordpress.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Akhir-akhir ini sengatan matahari sedang terik-teriknya. Wajar saja bila Anda merasakan udara luar yang sangat panas, karena saat ini Indonesia sedang memasuki musim kemarau. Tanah jadi kering karena tak ada hujan yang turun, dan sengatan matahari pun terik. Bila tak diantisipasi, datangnya musim kemarau bisa mengakibatkan kondisi tubuh yang tidak fit.

1. Sebisa mungkin, hindari sengatan matahari secara langsung

http://www.recoveringgrace.org

Berpapasan dengan sinar matahari langsung dapat membuat kepala terasa pusing. Berlindunglah di bawah tempat yang teduh seperti pepohonan. Sebagai langkah antisipasi, sebelum keluar rumah gunakan pakaian yang menutup tubuh. Tak lupa pelindung seperti topi atau payung dan kacamata. Bila berkendara, gunakan masker dan sarung tangan sebagai perlindungan maksimal.

2. Perbanyak minum air putih

https://www.rd.com

Tidak ada hal yang lebih penting untuk menghindari sakit kepala di saat sengatan matahari dengan minum air yang cukup. Dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi kinerja tubuh, dan mengakibatkan kepala jadi sakit. Selain itu dehidrasi juga dapat membuat tekanan darah jadi tidak stabil sehingga memicu pusing dan kurang fokus.

Baca Juga: Kenali 5 Tipe Kawan yang Hanya Membawa Dampak Buruk Bagi Hidup Anda

3. Sebelum keluar rumah, gunakan tabir surya

https://i1.wp.com

Tabir surya berguna untuk melindungi kulit tubuh, seperti wajah, lengan, dan kaki dari paparan matahari langsung. Sengatan matahari saat musim kemarau cenderung lebih terik dibandingkan musim yang lain, sehingga Anda perlu membalurkan sunscreen minimal 15 – 30 SPF. Krim tabir surya ini memerlukan waktu agar dapat menyerap di wajah, gunakan minimal 15 menit sebelum keluar rumah. Anda dapat mengaplikasikan ulang setiap hendak bepergian.

4. Buat penampungan air untuk mengantisipasi kekeringan

http://www.thestar.com.my

Musim kemarau biasanya disusul dengan kekeringan. Tak jarang, air jadi barang incaran bila kemarau tiba. Sebelum tiba musim ini, Anda bisa membuat sendiri kolam tadah air di rumah, atau bila belum punya tandon, Anda bisa segera memasangnya.

5. Yuk menanam tanaman hijau

http://ste.india.com

Pepohonan dapat digunakan sebagai tempat berlindung dari panas matahari. Bila Anda menanam dari sekarang, di musim kemarau mendatang ia akan semakin tinggi. Selain itu tumbuhan dapat menyerap karbon dioksida, sehingga udara di sekitar rumah jadi makin bersih dan terjaga kualitasnya.

6. Waspadai penyakit yang dapat muncul saat kemarau

http://advancedchironc.com

Penyakit seperti sakit mata, infeksi saluran pernapasan, diare, hingga demam berdarah bisa muncul di musim kemarau. Anda harus mengantisipasi agar anggota keluarga tak terkena penyakit-penyakit ini, dengan memberikan vitamin misalnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Baca Juga: Mengkonsumsi 5 Makanan Ini Dapat Membuat Bau Mulut Jadi Tak Sedap

 

Sosial Media