13 Sep 2017 19:00

Ideal! Tenyata Ini Usia Tepat untuk Menikah dan Punya Anak!

keluarga kokoh

instagram.com/raffinagita1717

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Pernikahan menjadi sesuatu hal yang diidamkan, sekaligus sakral bagi banyak orang. Namun rupanya, menikah tidak bisa sembarangan dilakukan, lho. Selain kemapanan finansial, rupanya kemapanan psikologi dan kesehatan juga perlu diperhatikan. Dilansir dari ayonikah.com, berikut adalah usia ideal untuk berkeluarga. 

25-28 menjadi usia ideal untuk menikah. 

instagram.com/raisa6690

Pada usia ini, seorang perempuan memiliki masa reproduksi yang lebih pendek dibandingkan mereka yang menikah pada usia 16 tahun. Hal ini pun berdampak pada lebih sedikitnya jumlah anak yang kemungkinan dimilikinya. Walaupun demikian, usia ini pun terbilang ideal karena jika semakin dini usia pernikahan, maka dapat meningkatkan risiko kematian ibu melahirkan. Wanita pada usia 25-28 tahun telah memiliki reproduksi yang siap untuk melahirkan. 

Baca Juga: Alasan Mengapa Sebenarnya Anda Tidak Perlu Memikirkan Perkataan Orang Lain

Pasangan telah memiliki kemapanan finansial dan psikologis pada usia ini. 

instagram.com/nanamirdad_

Secara pendidikan, seseorang yang telah berusia 25 tahun setidaknya telah menyelesaikan pendidikannya dan telah memiliki pengalaman kerja selama 1-4 tahun. Hal ini pun berkaitan dengan kemapanan ekonomi, sehingga mereka sudah bisa untuk memasuki pernikahan. Pasangan pun telah memiliki bekal yang cukup untuk membina sebuah keluarga. 

Usia ideal memiliki anak pertama adalah 25-30 tahun bagi wanita. 

instagram.com/chelseaoliviaa

Usia ideal untuk memiliki anak pertama adalah 25-30 tahun, dimana sistem reproduksi bekerja dengan baik pada usia ini. Selain itu, pada usia ini, pasangan suami istri pun sudah lebih mapan secara ekonomi dibanding bila jika menikah pada usia yang lebih muda. Secara psikologi, pasangan suami istri pun umumnya telah siap untuk menjadi orangtua pada usia 25-30 tahun ini. Apabila terlalu tua, melahirkan dapat berbahaya bagi sang ibu. 

Menikah dan memiliki memang jadi hal yang menyenangkan, namun jangan buru-buru, ya. Pastikan Anda benar-benar telah siap!

Baca Juga: Stop Membentak Anak Jika Tidak Ingin Perkembangan Otaknya Melambat!

Sosial Media