09 Sep 2017 19:00

Ternyata Begini 5 Cara Aman Kenalkan Anak pada Media Sosial

keluarga kokoh

instagram.com/jrsugianto

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Media sosial menjadi salah satu hal yang tak terhindarkan, termasuk untuk anak. Kini pun banyak anak-anak yang telah memiliki media sosial. Tak jarang, mereka pun menjadi artis di media sosial yang mereka miliki. Namun sebenarnya, media sosial juga memiliki dampak negatif bagi anak. Untuk itu, berikut adalah tips agar anak tetap aman saat bermain media sosial. 

1. Berikan batasan waktu bagi anak untuk bermain sosial media. 

instagram.com/jrsugianto

Seringkali jika sudah dihadapkan dengan gadget, anak menjadi lupa waktu. Untuk itu, penting bagi Anda untuk membatasi waktu anak dalam bermain di media sosial. Selain memberikan batasan, berikan pula pengertian mengapa Anda harus membatasi anak dalam bermain media sosial. 

2. Selalu dampingi anak dalam menggunakan media sosial. 

nextadvisor.com

Pendampingan Anda pada anak dalam menggunakan media sosial adalah hal yang sangat diperlukan. Anda pun jadi bisa mengawasi apa saja yang dilakukan oleh anak di sosial media. Jika anak melakukan hal yang salah, Anda bisa memberikan penjelasan pada anak. 

Baca Juga: Tidak Bikin Bokek, Ini Cara Unik Rayakan Anniversary dengan Pasangan!

3. Berikan penjelasan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 

instagram.com/babymoonella

Media sosial tanpa disadari menjadi tempat yang cukup berbahaya bagi anak. Tidak hanya menghubungkan anak ke dunia luar, media sosial pun memungkinkan anak mengakses berbagai informasi. Untuk itu, Anda harus menjelaskan pada anak mengenai apa yang boleh dan tidak boleh ia lakukan di media sosial. 

4. Jangan umbar informasi pribadi anak. 

instagram.com/babymoonella

Informasi pribadi adalah hal yang penting. Oleh karena itu, jangan sampai anak mengumbar informasi pribadinya secara detil di media sosial. Contoh informasi pribadi seperti lokasi sekolah, jalur yang biasa dilalui, atau tempat di mana Anda sering mengajaknya bermain keluar. Hal ini dapat menciptakan celah bagi para pelaku kejahatan, lho. 

5. Jadilah contoh nyata bagi anak. 

instagram.com/babymoonella

Selain memberikan penjelasan, pastikan Anda juga menjadi contoh nyata yang baik pada anak. Anda dapat membuat akun media sosial yang sama dengan anak, kemudian pastikan bahwa Anda juga menggunakan media sosial dengan bijak. Dengan cara ini, anak dapat melihat contoh nyata tentang bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak. 

Baca Juga: Kembali Langsing Seperti Artis, Ini Cara Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan!

Sosial Media