08 Sep 2017 17:00

Anda Dilarang Menggunakan Smartphone di 6 Tempat Ini !

keluarga kokoh

http://www.wsbradio.com

SHARE:

Oleh : Tya Achni

Kemajuan teknologi membuat manusia saat ini mudah untuk berkomunikasi dimana saja, kapan saja, dan tanpa batas. Kecanduan pada perangkat pintar ini tentu membawa dampak buruk bagi kesehatan dan keselamatan. Dari tempat publik seperti jalan raya, sembari menanti traffic light berganti hijau digunakan untuk melihat HP. Bahkan di tempat privat seperti kamar mandi,smartphone juga ikut dibawa. Bahkan kini, dapat dengan mudah dijumpai beberapa kasus kecelakaan yang bermula dari bermain gadget. Maka dari itu, hindari menggunakan smartphone di 6 tempat berikut!

1. Stasiun Pengisian Bahan Bakar

http://www.mistergaptek.com/

SPBU adalah salah satu tempat dimana penggunaan smartphone tidak diperbolehkan. Larangan untuk tidak bergadget ria ini tertempel di pintu masuk SPBU. Sebagai alat komunikasi, smartphone mampu mengeluarkan frekuensi tinggi, frekuensi tinggi ini lah yang dapat memicu munculnya percikan bunga api. Komponen ponsel pintar yang mampu memantik percikan api adalah bagian layar, LED pada ponsel mampu melakukan kontak langsung dengan udara bebas.

2. Saat Mengemudikan Kendaraan

http://ww1.prweb.com

Bermain handphone saat berkendara jadi penyebab paling besar terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pada sejumlah negara termasuk Indonesia, menggunakan smartphone ketika mengemudi termasuk salah satu pelanggaran tata tertib berlalu lintas. Berkendara sambil chatting atau telepon dapat mengalihkan pandangan dan konsentrasi. Tanpa disadari, Anda tidak tahu tiba-tiba ada kendaraan yang melintas dari arah berlawanan sehingga tabrakan tidak dapat dihindarkan.

Baca Juga: 5 Desain Interior Dinding 'Belum Selesai' yang Bikin Rumah Makin Kece!

3. Toilet

huffingtonpost.com

Sudah jadi rahasia umum bila smartphone dan kamar mandi jadi ‘rumah tinggal’ yang nyaman bagi sejumlah bakteri dan kuman. Menenteng smartphone dalam jangka waktu yang lama saja tidak disarankan, apalagi membawanya ke kamar mandi. Sebab, potensi bakteri dan kuman akan makin berlipat.

4. Jalan Raya

http://www.wsbradio.com

Jalan raya jadi salah satu tempat yang tidak direkomendasikan untuk bermain smartphone. Akibat terlalu fokus bermain gadget, tak jarang penggunanya tidak menyadari bahaya dihadapannya seperti tersandung atau terbentur tiang listrik. Bahkan pemerintah kota Honolulu, Hawai Amerika Serikat melarang warganya untuk menggunakan smartphone, kamera digital, laptop, tablet dan perangkat pintar lainnya saat menyeberang jalan. Jika melanggar, siap-siap saja merogoh kocek sekitar 15 sampai 99 dolar US.

5. Pesawat

pixabay.com

"Setiap orang di dalam pesawat udara selama penerbangan dilarang melakukan: Pengoperasian peralatan elektronika yang mengganggu navigasi penerbangan." Demikian bunyi pasal 54 butir (f) dalam Undang-undang RI Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.  Penggunaan gadget di pesawat dapat mengacaukan sistem navigasi yang mengandalkan frekuensi. Bila Anda masih tetap ingin bermain ponsel di pesawat, Anda bisa merubahnya ke flight mode.

6. Tempat Tidur

http://www.longislandeyedoctor.com

Bermain ponsel di tempat tidur berbahaya bagi kesehatan penglihatan dan siklus tidur Anda. Pada ahli dari Ofcom mendapati 8 dari 10 orang kerap membawa perangkat ponsel mereka saat hendak tidur. Selain dapat mengganggu, bermain HP sambil tiduran membuat Anda kerap merasa waswas dan ingin selalu mengecek notifikasi. Hal ini dapat mengganggu kualitas tidur hingga membuat Anda menderita insomnia.

Baca Juga: Yuk Intip Desain Bangunan Anti Mainstream dan Instagramable Ala Negeri Sakura !

Sosial Media