07 Sep 2017 17:00

Yuk Intip Desain Bangunan Anti Mainstream dan Instagramable Ala Negeri Sakura !

keluarga kokoh

boredpanda.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Jepang merupakan salah satu pusat berkembangnya budaya pop yang berpengaruh hingga ke seluruh dunia. Jepang terkenal akan masyarakat dan budayanya yang beragam. Masyarakatnya terkenal sebagai pekerja keras, dan salah satu kebudayaannya yang terkenal yaitu, Harajuku-nya yang unik. Keunikan ini bukan hanya tergambar dalam busana, namun juga menjalar hingga desain bangunan.

Yuk intip desain bangunan anti mainstream dan Instagramable ala negeri Sakura berikut ini !

1. Sekolah pohon

boredpanda.com

Taman Kanak Kanak Fuji ini berlokasi di Tachikawa, Jepang dibangun secara melingkar di sebuah pohon Zelkova berusia 50 tahun. Material seperti kaca, besi, dan kayu dibangun sedekat mungkin dengan pohon untuk menciptakan tempat bermain yang berbeda untuk anak-anak. Pohon yang digunakan sebagai tempat bernaung ini memiliki sejarah dibaliknya. Pohon ini sempat tumbang akibat terkena hempasan angin tifun, bahkan kering dan tidak bisa diselamatkan kembali. Namun ajaibnya, pohon Zelkova ini bisa pulih dan tumbuh hingga sekarang.

2. Taman bermain tadah hujan

http://www.takepart.com

Sebuah taman kanak-kanak di Kumamoto, Jepang ini memiliki inovasi kreatif untuk membebaskan anak didiknya bermain. Sebuah lapangan bermain dibuat khusus di tengah area TK dibiarkan tanpa atap di bagian atasnya. Apabila hujan turun, airnya akan tertampung dalam lapangan mini tersebut. Alih-alih melarang untuk bermain air saat
hujan tiba, pihak sekolah justru membebaskan mereka untuk basah-basahan !

Baca Juga: Tanpa Disadari, Memanaskan Ulang 6 Masakan ini Berbahaya untuk Kesehatan

3. Rumah Transparan

http://www.airivocapital.co.uk

Seorang arsitek asal Jepang bernama Sou Fujimoto membuat sebuah rumah transparan yang berlokasi di Tokyo, Jepang. Rumah yang khusus didesain untuk sepasang suami-istri pengantin baru ini, disebut dengan "House of NA". Rumah ini sengaja didesain bertingkat-tingkat dengan mengadaptasi konsep hunian pohon dan agar cahaya matahari mudah masuk sehingga sirkulasi udara selalu terjaga dengan baik. Untuk bagian-bagian rumah yang menuntut privasi pemiliknya, ada gorden yang sengaja dipasang.

4. Rumah Hantu

http://archeyes.com

Buang jauh-jauh kesan menyeramkan bila Anda melihat bangunan Rumah Hantu di Jepang ini. Datar Arsitektur sebagai desainer Rumah Hantu ini menghadirkan nuansa putih baik diluar maupun dalam bangunan, kecuali pada lantainya. Nuansa Sadako atau gambar anak kecil yang menyeramkan sengaja tidak dipilih, sebaliknya mereka menciptakan suasana seram dari siluet dan sudut bangunan yang merepresentasikan suasana mencekam.

5. Tokyu Plaza Omotesando, Harajuku

https://www.flickr.com/photos/92636696@N08/26385596261

Harajuku adalah salah satu kota fashion nan modis yang ada di Jepang. Pusat perbelanjaan Tokyu Plaza Omotesando Jepang ini memiliki desain eksterior yang anti mainstream di bagian pintu masuk. Lobby menuju pintu masuk dipenuhi dengan kaca yang ditata sedemikian rupa oleh Hiroshi Nakamura sang desainer. Bila dilihat dari jauh, Tokyo Plaza Omotesando ini memiliki fasad bangunan yang mirip kastil kerajaan.

6. Rumah Seluncur

https://resources.realestate.co.jp

Ide membuat seluncuran di dalam rumah ini bisa ditiru. Terdiri dari tiga lantai, rumah bikinan arsitektur Jepang ini saling terhubung dengan seluncuran di dalamnya. Anda bisa meluncur langsung ke lantai 1 dengan menggunakan seluncuran. Anak-anak pun bisa bermain bebas di dalam rumah. Rumah ini memiliki tangga di satu sisinya dan seluncuran di sisi yang lain.

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Ternyata Tidak Sehat!

 

Sosial Media