06 Sep 2017 17:00

Tanpa Disadari, Memanaskan Ulang 6 Masakan ini Berbahaya untuk Kesehatan

keluarga kokoh

https://myeatandtravelstory.files.wordpress.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Makan makanan selagi panas memang nikmat dan menambah cita rasa makanan itu sendiri. Tak jarang agar tetap sedap ketika disantap, menghangatkan makanan lagi jadi salah satu solusi. Namun tahukah Anda, ada beberapa makanan yang justru berbahaya ketika dihangatkan atau dipanaskan kembali. Berikut informasinya:

1. Nasi

http://www.theloop.ca

Nasi jadi salah satu makanan yang sering dihangatkan kembali. Tanpa disadari, kebiasaan ini ternyata berbahaya bagi kesehatan. Menurut penelitian dari Martin Goldberg, ahli mikrobiologi, memanaskan kembali nasi ternyata tidak direkomendasikan. Bakteri Bacillus Cereus yang ditemukan dalam nasi bisa bertahan selama proses pemasakan. Ketika nasi sudah dingin, spora akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa membuat sakit terutama pencernaan. Selain itu menurut Food Standards Agency, bukan cara memanaskan yang membuat bakteri ini tumbuh melainkan cara kita menyimpan nasi sebelum dipanaskan. Bila disimpan dengan benar, spora dan bakteri tidak akan tumbuh.

2. Ayam

http://poly-service.info

Selain nasi, ayam jadi salah satu makanan olahan yang sering dihangatkan. Makan ayam saat dingin membuat cita rasa ayam jadi tak terasa. Tapi tahukah Anda bila ayam jadi salah satu makanan yang tidak boleh untuk dihangatkan lagi. Alasannya, protein yang ada dalam ayam akan berubah dan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Bila ingin tetap memanaskannya, kami merekomendasikan untuk dalam waktu yang singkat dan hanya bagian luarnya saja. Selain itu jangan menggunakan api yang terlalu besar.

Baca Juga: Buat yang Ingin Cepat Nikah, Ini Trik Nabung Walau Gaji Rp 3 Jutaan!

3. Telur

livestrongcdn.com/

Sama seperti ayam, kandungan protein pada telur juga cukup tinggi. Saat telur dimasak ulang dalam suhu yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan munculnya racun di dalamnya, khususnya pada bagian kuning telur. Hal ini diketahui dapat menyebabkan munculnya gangguan sistem pencernaan pada perut.

4. Bayam

http://keywordsuggest.org

Sudah bukan rahasia umum lagi bila bayam adalah salah satu jenis sayuran yang dilarang untuk dipanaskan lagi. Tapi tak banyak orang tahu alasannya. Sayur bayam mengandung nitrat yang tinggi, lho! Menurut penelitian yang dilakukan oleh Eufic.Org (The European Food International Council), semakin tinggi nitrat pada bayam, maka semakin tinggi pula bahayanya. Kandungan nitrat dalam bayam akan berubah menjadi nitrit dan bersifat zat karsinogen atau pemicu kanker.

5. Gorengan

tokopedia.net

Makanan yang memang sedap disantap selagi panas ini jadi salah satu olahan yang tidak boleh digoreng lagi. Kegiatan ini mengundang bahaya yang cukup tinggi dan dapat memicu terjadinya penyakit degeneratif lain, karena kandungan lemaknya akan semakin tinggi.

6. Seledri

http://farlys.com

Masih sedikit orang yang tahu bila masakan yang menggunakan seledri tidak direkomendasikan untuk dihangatkan lagi. Sama seperti bayam, seledri juga mengandung zat nitrat yang dapat berubah menjadi zat karsinogen alias pemicu kanker. Oleh sebab itu, seusai memasak jangan lupa untuk membuang seledrinya agar aman saat dihangatkan lagi

Baca Juga: Mudah dan Cepat, Ini 5 Kreasi Makanan Dari Mi Instan. Bikin Ngiler !

Sosial Media