04 Sep 2017 17:00

Bahaya, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan !

keluarga kokoh

https://pexels.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Masih banyak orang yang melakukan hal-hal keliru berikut ini setelah makan

1. Tidur

https://pexels.com

Larangan tidur setelah makan ini sudah umum kita temui. Hal ini karena begitu besar kerugian yang ditimbulkan akibat langsung tertidur setelah makan. Tidur dengan perut kenyang dapat menyebabkan rasa panas di dada, sendawa, dan tingginya asam lambung. Bila dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan, hati-hati terkena resiko stroke. Seusai makan, sebaiknya tidur setidaknya dua jam setelahnya.

2. Mandi

socialnewsdaily.com

Waktu terbaik untuk mandi adalah 30 menit setelah makan. Saat mandi, aliran darah dan suhu tubuh mengalami peningkatan. Sehingga hal ini dapat merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga: Tidak Sembarangan, ini 5 Cara Cerdas Belanja Produk Diskon!

3. Minum teh

https://www.eatrightontario.ca

Teh memiliki kandungan asam tinggi yang membuat kandungan protein dalam makanan justru meningkat. Akibatnya makanan yang masuk ke dalam tubuh jadi sulit dicerna. Teh juga diketahui dapat mengganggu penyerapan zat besi dan mineral dalam tubuh. Apabila tetap ingin menikmati teh, campur dengan air yang lebih banyak atau tunggu satu jam setelah makan.

4. Berolahraga

http://www.mensfitness.com

Pernahkah Anda merasakan kram di bagian perut secara tiba-tiba saat sedang berolahraga? Setelah makan, jangan langsung melakukan aktivitas fisik yang cukup berat seperti berolahraga. Hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian perut seperti kram dan perut kembung.

5. Makan buah

https://www.theodysseyonline.com

Makan buah sering dianggap sebagai hidangan penutup saat makan. Hal ini salah besar. Saat terbaik untuk makan buah adalah sebelum makan, karena buah memerlukan enzim khusus agar dapat dicerna oleh tubuh. Sehingga dalam keadaan perut belum terisi, semua manfaat buah seperti nutrisi, serat, dan gula dapat diserap secara sempurna oleh tubuh.

Baca Juga: Mengintip Tradisi Unik Muslim Dunia Merayakan Idul Adha

 

Sosial Media