02 Sep 2017 17:00

6 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini Penyelamat Keuangan Rumah Tangga Anda

keluarga kokoh

https://www.melekgadget.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol keuangan rumah tangga. Hal ini menjadi vital agar arus keluar masuknya uang bisa diawasi dan agar tak besar pasak daripada tiang. Berikut 6 aplikasi smartphone yang bisa Anda manfaatkan untuk menyelamatkan keuangan rumah tangga:

1. Monefy

https://elandroidelibre.elespanol.com

Monefy akan membantu dalam pengelolaan keuangan Anda dan itu cukup mudah digunakan, selain itu aplikasi ini dapat bekerja sendiri karena pengguna hanya perlu menambahkan data baru dengan sekali ketuk. Ada berbagai fitur diantaranya penambahan catatan baru, widget, grafik pengeluaran yang informatif, sinkronisasi Dropbox, pilihan mata uang, backup dan ekspor data. Sistem antarmukanya sedikit rumit dan perlu waktu untuk belajar. Namun, setelah menggunakan beberapa lama, mengatur keuangan dengan Monefy akan benar-benar mudah.

2. Expense Manager

https://play.google.com

Aplikasi yang satu ini memiliki fitur lebih lengkap seperti pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pajak, hutang, catatan, daftar belanja, konverter mata uang, kalkulator serta melakukan estimasi tagihan demi minggu, bulan dan tahun. Bahkan ia juga memiliki kemampuan mengekspor file format csv dan excel.

3. Mint: Budget, Bills, Finance

http://playstoreupdate.com

Aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur dan cukup populer. Anda dapat melihat kondisi keuangan semuanya dalam satu layar di smartphone, seperti mengelola dan membayar tagihan, tabungan, pinjaman bank dan rekening pensiun. Aplikasi ini juga dapat mengingatkan Anda tentang pembayaran yang akan datang serta dilengkapi fitur otentikasi multi-faktor untuk keamanan. Ini salah satu aplikasi pengelola keuangan dengan banyak fitur, namun sepertinya tidak tersedia di semua negara termasuk Indonesia.

Baca Juga: Selain Gulai, ini Makanan Olahan Kambing untuk Idul Adha!

4. Prism Bills and Personal Finance

www.financialpanther.co

Prism bills adalah aplikasi keuangan pribadi yang memungkinkan Anda dapat melacak dan membayar tagihan, cek saldo bank dan kartu kredit, serta
keuangan pribadi kapan saja. Selain itu, pengguna juga dapat membayar tagihan secara langsung dari aplikasi ini tapi harus masuk ke bank Anda, mungkin itu tidak mungkin bagi orang yang sadar tentang keamanan. Namun untuk Anda yang sedang mencari kemudahan pengelolaan keuangan, prism bills adalah pilihan tepat. Namun sayangnya aplikasi ini tidak tersedia di Indonesia.

5. Catatan keuangan

apkmonk.com

Pengembang aplikasi ini yaitu CariTentang Lab asal Indonesia. Dengan aplikasi ini pengguna dapat mencatat semua pengeluaran maupun pemasukan dan kondisi keuangan. Ada beberapa fitur standar diantaranya Grafik Kue berguna untuk memantau kondisi keuangan melalui grafik lingkaran, Custom Kategori untuk membuat kategori dari pemasukan dan pengeluaran, Rencana Belanja, Password, pengingat transfer antar akun, widget dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini menyediakan pilihan bahasa Inggris dan Indonesia serta tersedia versi pro bagi yang menginginkan fitur lebih, salah satunya penghapusan iklan.

6. Catatan Keuangan Harian

apkmonk.com

Aplikasi bikinan AsyncByte Software Keuangan ini dirancang untuk mencatat aktivitas keuangan, baik pengeluaran dan pemasukan. Aplikasi didesain dengan simple sehingga mudah digunakan tanpa mengurangi fitur penting. Dengan memasukkan jumlah pendapatan, Anda bisa pula langsung mencatat pengeluaran/ pembelanjaan harian. Anda akan mendapatkan laporan perbulan tentang total pengeluaran, dan dapat langsung diketahui selisihnya.

Baca Juga: Berat Badan Anak Tak Bertambah Secara Teratur? Lakukan 4 Hal Berikut Ini

 

Sosial Media