02 Sep 2017 19:00

Cegah Kolesterol Saat Idul Adha, Yuk Konsumsi 5 Makanan Berikut!

keluarga kokoh

satujam.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy

Idul Adha memang tidak terlapas dari hewan kurban yang nantinya diolah menjadi makanan khas Idul Adha. Kambing menjadi salah satunya. Makanan dengan kolesterol tinggi ini menjaid makanan yang ditunggu-tunggu sekaligus ditakuti oleh banyak orang. Untuk mengimbangi kolesterol saat Idul Adha, berikut adalah makanan yang bisa Anda konsumsi. 

1. Beras merah

mencegahpenyakit.com

Terkenal akan kebaikannya untuk diet, beras merah rupanya juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Beras merah mengandung vitamin B, magnesium, dan selenium. Selain itu, kandungan serat di dalamnya pun dapat menurunkan gula darah. 

2. Bayam

ibudanbalita.com

Ternyata, di dalam bayam ada nutrisi yang dapat membantu kinerja jantung agar tidak terkena lemak dari pembuluh darah. Bayam pun jadi makanan yang bisa diandalkan untuk mengusir kolesterol saat Idul Adha!

3. Kedelai

hellosehat.com

Kedelai bisa jadi solusi ampun bagi Anda yang ingin mencegah kolesterol. Berbagai olahan kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai, dan lain sebagainya memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Ini karena adanya kandungan isoflavin yang dapat melawan timbulnya kolesterol jahat.

Baca Juga: Selain Gulai, ini Makanan Olahan Kambing untuk Idul Adha! 

4. Bawang putih

obatdiabetesalamijg.com

Meskipun ukurannya kecil, bawang putih memiliki manfaat yang besar dalam menurunkan kolesterol. Dengan konsumsi dosis yang tinggi, bawang putih akan makin ampuh dalam mencegah kolesterol. 

5. Kacang-kacangan. 

theprettyandpicky.id

Berbagai jenis kacang-kacanga seperti kacang mede, almond, kenari, atau kacang panjang memiliki kemampuan menurunkan kolesterol yang baik. Kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk pembuluh darah dan menurunkan kolesterol. 

Selain makanan di atas, Anda juga dapat menurunkan kolesterol dengan berolahraga. Pastikan juga makanan yang Anda makan saat Idul Adha tetap terjaga, ya.

Baca Juga: Sssst ! 6 Makanan ini Dipercaya Mampu Membangkitkan Keharmonisan Rumah Tangga

Sosial Media