01 Sep 2017 17:00

Terkenal sebagai Pereda Kolesterol, ini 6 Jenis Acar dari Seluruh Dunia

keluarga kokoh

http://img.taste.com.au

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Acar kerap disantap sebagai pelengkap sebuah hidangan. Makanan yang berbahan dasar daging seperti gule, sate, kare, terasa kurang lengkap tanpa acar sebagai penutupnya. Bukan hanya di Indonesia, acar juga tersebar di seluruh dunia. Konon katanya, acar ternyata telah berkembang sejak 2400 sebelum Masehi di Mesopotamia, yang dikonsumsi karena memiliki manfaat kesehatan.

Berikut beragam jenis acar dari seluruh dunia yang Anda harus tahu:

1. Acar Indonesia

http://deesha-defarishtah.blogspot.co.id/

Acar Indonesia yang paling terkenal adalah acar mentimun yang biasanya terdiri dari campuran wortel, timun, bawang merah dan cabai. Biasanya, acar juga ditambah buah-buahan seperti nanas. Ada juga acar kuning dan acar sayuran yang mudah dijumpai di rumah makan atau beberapa acara tertentu.

2. Acar Thailand

http://newyork.seriouseats.com

Acar Thailand dikenal dengan nama Achat. Penyusun Achat tidak beda jauh dengan acar negara kita yaitu mentimun, cabe merah, bawang merah, cuka, gula dan garam. Rasanya juga mirip-mirip dengan yang kita kenal. Achat biasanya disajikan bersama sate bahkan dijadikan cemilan di Thailand.

Baca Juga: Sebelum Membawa Si Kecil ke Kantor, 4 Hal Berikut Jangan Lupa Disiapkan

3. Acar Tiongkok

https://macrochef.files.wordpress.com

Mie sapi khas Taiwan yang sedap biasanya disajikan bersama Acar Tiongkok. Acar ini berasal dari kubis mentah yang direndam dalam cuka dan potongan cabai. Rasanya tentu saja segar dan renyah. Acar ini juga bisa dimakan sebagai pendamping nasi atau bahkan sebagai appetizer.

4. Acar Korea

http://www.surakoreancuisine.com

Kimchi atau sawi yang di fermentasikan ini merupakan salah satu acar khas dari Korea. Kimchi merupakan makanan pendamping, bahkan bisa disebut lauk bagi orang Korea. Sebenarnya Kimchi tidak hanya berasal dari sawi tetapi juga bisa dari jenis sayuran lain seperti lobak, sawi hijau, daun bawang, akar selada bahkan mentimun.

5. Acar Amerika

http://paoniafarmandhome.com

Acar khas Amerika ini dapat kamu temukan dengan mudah di burger sapi khas restoran Amerika. Potongan timun dan dill yang difermentasikan dalam botol kaca yang berisi cuka dan garam ini memiliki rasa renyah, asam dan sedikit asin. Selain dikonsumsi bersama burger, acar Amerika juga bisa dikonsumsi sebagai makanan ringan di saat musim panas.

6. Acar Jepang

http://www.seriouseats.com/

Acar Jepang dikenal juga dengan sebutan tsukemono, yang terdiri dari lobak Jepang, timun, terong, wortel, kubis, akar teratai, jahe, bawang merah dan plum. Terkadang bahkan acar Jepang juga dilengkapi dengan rumput laut dan makanan dari laut lainnya. Salah satu jenis tsukemono yang paling terkenal adalah umeboshi. Umeboshi adalah plum Jepang yang sudah difermentasikan. Rasanya sangat asin dan asam, oleh karena itu biasanya umeboshi digunakan sebagai isian onigiri.

Baca Juga: Tinggalkan! Membawa Smartphone ke Toilet Membuat Anda Terpapar 3 Bahaya ini!

 

Sosial Media